Mohon tunggu...
Arief Maulana
Arief Maulana Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Pengertian dan Manfaat dari Business Intelligence bagi yang Belum Tahu

23 Februari 2018   14:11 Diperbarui: 23 Februari 2018   14:16 15875
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Sebelumnya kalian ngerti ga tentang apa itu business intelligence? Nih ane kasih tau, Business Intelligence itu maksudnya sebuah proses bisnis berbasis teknologi yang dibuat secara khusus agar dapat menganalisa data bisnis serta menyajikan data tersebut sebagai bentuk informasi yang mudah dipahami dan memiliki data yang akurat sehingga kita bisa ngebuat keputusan bisnis yang lebih baik.

Business intelligence ini biasanya mencakup berbagai fitur, aplikasi dan juga metodologi yang memungkinkan kita dapat mengumpulkan data secara internal ataupun eksternal yang kemudian data tersebut di analisa dan divisualisasikan menjadi sebuah laporan bisnis yang mudah untuk dimengerti.

Apa Manfaat Business Intelligence Bagi Bisnis?

Dengan fitur yang dimiliki oleh business intelligence, mereka dapat memberikan kekuatan baru pada bisnis kita yang dapat mengubah cara kita dalam menjalankan bisnis selama ini. Selain itu business intelligence juga memiliki berbagai manfaat yang diantaranya adalah :

  • Membantu kita mendapatkan informasi yang akurat sehingga dapat membuat keputusan bisnis yang berdasarkan data, bukan berdasarkan insting.
  • Mampu mengidentifikasi peluang baru dengan data informasi yang dihasilkan.  Anda akan memperoleh informasi baru tentang peluang serta potensial yang selama ini dimiliki oleh bisnis Anda.
  • Business intelligence juga dapat membantu kita dalam mengelola manajemen persediaan  bisnis dengan sangat baik.
  • Solusi yang ditawarkan dan diberikan oleh business intelligence dapat menghemat banyak waktu Anda karena dapat memberikan laporan bisnis yang Anda butuhkan hanya dalam hitungan detik.
  • Mengalokasikan sumber daya yang kita miiki dengan lebih akurat.


Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun