Gayahidup

4 Cara Agar Anak Tidak Sulit Dibangunkan

13 Maret 2018   14:23 Diperbarui: 13 Maret 2018   14:38 248 0 0

Masalah umum yang biasanya akan dihadapi seorang ibu disetiap paginya adalah anak yang sulit untuk bangun tidur. Anak yang susah bangun ini biasanya akan menyebabkan ibu merasa kesal dan marah karena ibu kebingunan mencari cara agar anaknya itu cepat bangun.

Ibu akan merasa kesal dan marah karena tugas ibu dipagi hari itu tidak hanya untuk membangunkan anaknya saja.

Tetapi banyak tugas yang harus dilakukan seorang ibu disetiap paginya.

Misalnya setiap pagi ibu akan direpotkan untuk menyiapkan menu sarapan untuk keluarganya.

Jika ibu tidak ingin terlalu direpotkan oleh kebiasaan buruk anak yang susah bangun tidur, maka ibu harus segera mencari cara membuat anak agar mudah bangun pagi. Berikut 4 tips agar anak mudah bangun pagi dan ibu tidak merasa repot disetiap paginya diantaranya yaitu :

Anak Harus Tidur Lebih Awal

Salah satu penyebab anak susah bangun tidur adalah karena tidur yang terlalu larut malam. Sehingga ketika dibangunkan, anak akan merasa masih mengantuk sehingga akan merasa susah untuk membuka matanya. Maka sebaiknya ibu menyarankan anak untuk tidur lebih awal dari waktu tidur yang biasanya.

Anak Harus Tidur Cukup

Penyebab lain anak sulit untuk bangun dipagi hari adalah karena masih mengantuk akibat waktu tidurnya yang tidak cukup. Maka sebaiknya ibu memastikan anak untuk memiliki waktu tidur yang cukup. Sarankan anak untuk tidur lebih awal dari waktu yang sebelumnya sehingga anak akan tidur dengan waktu yang lebih lama dari waktu yang sebelumnya.

Pasang Alarm

Salah satu cara yang ampuh untuk cepat bangun tidur adalah dengan memasang alarm. Maka disini ibu juga sebaiknya memasang alarm di kamar anak agar mudah bangun di pagi hari. Bunyi alarm itu pasti akan membangunkan anak dari tidur lelapnya karena anak sudah tahu jika alarm berbunyi maka pertanda dirinya harus segera bangun.

Usahakan Anak Untuk Bangun Dengan Sendirinya

Ibu juga harus melatih anak untuk bisa bangun dengan sendiri atau bangun secara alami. Misalnya dengan membukakan jendela kamar anak dan membuka gorden kacanya. Sehingga nantinya anak akan merasa ada sinar matahari yang menyentuh kulitnya, atau akan merasa dinginnya angin pagi, atau akan mendengar kicauan burung.

Itulah 4 tips membuat anak mudah bangun pagi dan ibu tidak merasa repot disetiap paginya. Pastikan anak untuk mempunyai waktu tidur dengan cukup. Maka biasakanlah menyuruh anak untuk tidur lebih awal dari waktu yang sebelumnya. Atau juga dengan memakai alternatif lain seperti memasang alarm di kamar anak. Dan juga latihlah anak agar bisa bangun tidur secara alami.