Mohon tunggu...
Aci Rinatasari
Aci Rinatasari Mohon Tunggu... Lainnya - "Kesuksesan tidak menemukan kamu. Kamu harus keluar dan meraihnya."

Ada

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Transformasional Kepemimpinan dalam Lembaga Pendidikan Islam

2 Juni 2021   08:44 Diperbarui: 2 Juni 2021   09:02 298
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Apa itu transformasi? Transformasi adalah mengubah potensi menjadi energi nyata.Pemimpin yang mampu melakukan transformasi kepemimpinannya berarti dapat mengubah potensi institusinya menjadi energi untuk meningkatkan mutu proses dan output pendidikan.Implementasi kepemimpinan transformasional dalam lembaga Pendidikan Islam merujuk pada bagaimana pemimpin dapat mengembangkan budaya unggul (the culture of exellence).Pemimpin hendaknya menekankan akan pentingnya membangun budaya yang memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas proses pendidikan.

Selain itu,upaya pembenahan dan penyempurnaan kinerja organisasi, khususnya organisasi institusi menjadi sesuatu hal yang sangat penting untuk segera dilakukan. Hal ini disebabkan adanya tuntutan terhadap mutu pendidikan sebagai konsekuensi langsung dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat. Proses pendidikan yang bermutu tidak mungkin tercapai dengan baik. 

Oleh karena itu, diperlukan adanya kepemimpinan yang memadai. Kepemimpinan tersebut harus mampu memotivasi atau memberi semangat kepada para stafnya dengan jalan memberikan inspirasi atau mengilhami kreativitas mereka dalam bekerja.Kepemimpinan sendiri tidak hanya berada pada posisi puncak struktur dalam organisasi pendidikan tetapi juga meliputi setiap tingkat dalam organisasi. Dalam kepemimpinan tersebut tentunya harus mendapatkan dukungan komitmen dan kerjasama dari berbagai pihak khususnya seluruh warga institusi nya sendiri.

Dengan demikian, kepemimpinan merupakan faktor penggerak organisasi melalui penanganan perubahan dan manajemen yang dilakukannya sehingga keberadaan pemimpin bukan hanya sebagai simbol yang ada atau tidaknya tidak menjadi masalah tetapi keberadaannya memberi dampak positif bagi perkembangan organisasi.Maka dari itu,Transformasional Kepemimpinan Dalam Lembaga Pendidikan Islam harus selalu menunjukkan proses pembangunan komitmen terhadap sasaran organisasi dan memberi kepercayaan kepada pengikut untuk mencapai sasaran tersebut.

Di samping itu,seorang pemimpin transformasional tentunya sudah mempunyai tujuan dan visi misi yang jelas, serta memiliki gambaran yang menyeluruh terhadap organisasinya di masa depan. Pemimpin dalam hal ini berani mengambil langkah-langkah yang tegas tetapi tetap mengacu pada tujuan yang telah ditentukan guna keberhasilan organisasinya, misalnya saja dalam menerapkan metode dan prosedur kerja, pengembangan staf secara menyeluruh, menjalin kemitraan dengan berbagai pihak, juga termasuk di dalamnya berani menjamin kesejahteraan bagi para stafnya.

Dalam Pendidikan Islam juga konsep kepemimpinan diyakini mempunyai nilai yang khas dari sekedar kepengikutan bawahan dan pencapaian tujuan organisasi. Ada nilai transendental yang diperjuangkan yaitu seperti: mutu kepemimpinan,keberanian dan ketegasan, pengendalian diri, kesabaran dan daya tahan,keadilan dan persamaan, kepribadian dan kebenaran dan kemuliaan tujuan.

Penerapan gaya kepemimpinan transformasional dalam pendidikan islam pun dilakukan dengan dapat dipandang secara makro dan mikro. Jika dipandang secara mikro, kepemimpinan transformasional merupakan proses mempengaruhi antar individu dalam organisasi, sementara secara makro kepemimpinan transformasional merupakan proses memobilisasi kekuatan untuk mengubah sistem sosial dan mereformasi kelembagaan.

Intinya Implementasi kepemimpinan transformasional dalam lembaga pendidikan Islam merujuk pada bagaimana pemimpin institusi dapat mengembangkan budaya unggul (the culture of exellence) serta menekankan akan pentingnya membangun budaya yang memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas proses pendidikan di institusi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun