Mohon tunggu...
Sukron Firmansa
Sukron Firmansa Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

Halo! Saya seorang freelancer yang gemar menulis dan membaca

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Jangan Merasa Salah dan Buruk Memilih Hidup Sederhana

6 Februari 2024   12:57 Diperbarui: 6 Februari 2024   12:59 61
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hidup sederhana merupakan sebuah ungkapan untuk kehidupan yang damai dan bahagia dalam pola pikir dan gaya hidup yang sederhana. Apakah kalian setuju dengan pernyataan tersebut? Tentunya itu terserah kalian, karena setiap manusia memiliki pendapat masing-masing berdasarkan pengetahuan dan pengalamannya.

Manusia butuh keseimbangan dalam kehidupan, tanpa disadari keseimbangan hidup yang menurut kita itu ada dalam diri kita, ternyata perlahan-lahan sudah menghilang. Dalam hal tersebut kalian tidak salah dan tidak pantas disalahkan. Kehilangan keseimbangan hidup disebabkan oleh kondisi saat ini. Kita terjebak dalam siklus keinginan atau hasrat terhadap sesuatu yang tidak ada ujungnya.

Saya menulis bukan untuk berbagi tips, atau bahkan langkah-langkah hidup sederhana. Saya menulis karena ingin kalian atau pembaca menemukan makna hidup sederhana dengan cara masing-masing, karena banyak faktor kondisi yang akan mempengaruhi dalam menemukan cara hidup sederhana.

Jika anda ingin hidup sederhana, utamakan nilai esensi dari hal yang anda inginkan dan hindari sifat konsumerisme atau konsumsi secara berlebihan. Kita harus mengutamakan hal yang penting dalam hidup kita, bukannya ingin hidup dalam kemiskinan atau pelit, tapi ini soal kesadaran kita dalam upaya hidup sederhana.

Tidak ada yang buruk dan salah dalam memilih hidu sederhana, memilih hidup sederhana berarti kita mengurangi kekcauan pikiran kita. Hidup sederhana dapat membuat kita mudah dalam berpikir jernih. Banyak orang menemukan kepuasan dalam hidup sederhana dan bahagia, selain itu membuat diri kita lebih fokus karena berkurangnya beban pikiran.

Poin yang penting dalam hidup sederhana adalah kita dapat menciptakan lebih banyak kebebasan dalam menjalani hidup. Menyederhanakan suatu hal dapat memberi kita banyak ruang untuk fokus pada visi hidup. Setiap manusia memiliki kenyamanan yang berbeda-beda, berarti hidup sederhana bukan soal kemalasan tetapi soal jalan hidup yang dipilih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun