Mohon tunggu...
Achmad SFachrezzy
Achmad SFachrezzy Mohon Tunggu... Journalis
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Kecintaan saya dengan bidang tulis menulis ( menulis di majalah, media online, buku hingga media lainnya). Pada akhirnya membuat saya selalu tertantang untuk selalu meningkatkan kemampuan saya dalam bidang tulis menulis

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Tahun 2021, WA Business Salah Satu Media Paling Efektif Guna Mengoptimalkan Potensi Customers

11 Februari 2021   16:27 Diperbarui: 11 Februari 2021   16:32 45 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tahun 2021, WA Business Salah Satu Media Paling Efektif Guna Mengoptimalkan Potensi Customers
@barantumcom

Gerbang tahun 2021 sudah ada di depan mata, pertanda segala hal yang berhubungan dengan strategi market segera di gelar. Namun satu hal yang mesti mendapatkan perhatian adalah terkait keberadaan customer.  INGAT, customer adalah aset bagi perusahaan. Jadi strategi yang mesti di jalankan adalah mencoba mengelola customer agar bisa tetap jadi aset terbaik bagi perusahaan. 

Mengacu pada kondisi Media Sosial hingga  akhir tahun 2020, kita bisa melihat kondisi  terkini dari media sosial. Perkembangan WA ( Total Populasi (jumlah penduduk): 272,1 juta, Pengguna Mobile Unik: 338,2 juta, Pengguna Internet: 175,4 juta, Pengguna Media Sosial Aktif: 160 juta, Pengguna Youtube di Indonesia sebanyak 88% dari jumlah populasi, Pengguna Whatsapp di Indonesia sebanyak 84% dari jumlah populasi, Pengguna Facebook di Indonesia sebanyak 82% dari jumlah populasi, Pengguna Instagram di Indonesia sebanyak 79% dari jumlah populasi)

Dari kondisi diatas, kita bisa melihat bahwa penggunaan dua media sosial seperti Facebook dan Whatsaap  adalah yang paling dominan.  Jika kita sebagai pelaku bisnis, ini adalah sebuah data dan kondisi terkini yang bisa menjadi trigger kita dalam menentukan media komunikasi dan promosi efektif yang akan di jalankan di tahun 2021.

Sehingga jika kita ingin sukses dalam meraih customer di tahun 2021, salah satu kunci yang mesti menjadi perhatian kita adalah : Bagaimana semaksimal mungkin mengoptimalkan penggunaan WA sebagai sebuah media komunikasi yang efektif. Kenapa WA, setidaknya ada beberapa hal yang mendasari kenapa pada akhirnya kita mesti melakukan strategi cerdas  terkait penggunaan WA Business dalam strategi bisnis  kita di tahun 2021:

  • WA saat ini semakin diminati oleh banyak pelaku bisnis. Namun tidak saja pelaku bisnis, tetapi konsumen pun begitu menikmati penggunaan WA Business untuk aktivitas dirinya. Ini sebuah peluang dan potensi bisnis yang cukup besar  untuk di garap di tahun 2021.  Sehingga bagi pelaku bisnis yang saat  ini memiliki  banyak Agen ( memiliki banyak team baik Sales atau Marketingnya)  cukup efektif jika menggunakan WA Business sebagai media komunikasi. Tidak saja komunikasi antara sesama team ataupun komunikasi dengan klien dan calon kliennya.
  • WA  Manajemen, semakin memperhatikan masalah keamanannya. Sehingga saat ini jika kita lihat WA sudah memiliki beragam sistem keamanan. Dari mulai Gunakan Two-step verification ( aktivasi : Buka WhatsApp> Pengaturan> Akun> Two-Factor Authentication > Aktifkan.Gunakan pengamanan sidik jari atau fingerprint lock ( aktivasi : Setting -> Account -> Privacy -> Fingerprint Lock. Gunakan Touch ID dan Face ID (aktivasi : WhatsApp > Settings > Account > Privacy > Screen Lock > aktifkan Touch ID atau Face ID. )
  • Saat ini WA tidak saja sebagai media komunikasi semata. Tetapi seiring berkembangnya teknologi dan kebutuhan orang akan  kemudahan dalam berkomunikasi terutama bagi para pelaku bisnis. Maka saat ini WA Business sering di jadikan  media komunikasi yang efektif.

Tetapi memang dengan begitu banyaknya kelebihan dan  keunggulan yang di miliki oleh WA. Setidaknya tetap ada beberapa  kondisi  yang mesti di lengkapi agar WA Business ini benar-benar bisa menjadi alternatif solusi terbaik di tahun 2021.  Sehingga dengan  melihat kondisi yang ada di tahun 2020 dan prediksi  yang akan terjadi di tahun 2021. Kita bisa memberikan  masukan terkait penggunaan WA Business untuk mengoptimalkan potensi bisnis yang bisa di garap di tahun 2021.

CRM BARANTUM JADI OFFICIAL PARTNER WHATSAPP ( FITUR WHATSAPP BUSINESS API JADI UNGGULANNYA ).

Salah satu prasyarat yang membuat implementasi WA Business ke depan bisa menjadi alternatif solusi terbaik bagi pelaku bisnis adalah :  Bahwa WA Business mampu meningkatkan performance perusahaan dalam mengelola customer. Sehingga perusahaan bisa melakukan  Strategi Customer Based Oriented dengan menggunakan WA Business  yang sudah terintegrasi dengan CRM (  Customer Relationship Management). Hasil akhirnya sudah pasti customer  meningkat kualitasnya menjadi Loyal Customer.

Itulah  kenapa, CRM Barantum sebagai sebuah entitas bisnis yang peduli dengan perkembangan dan pengembangan bisnis pelaku industri di Indonesia. Merasa perlu untuk  mencoba  melakukan kolaborasi dengan Manajemen Whatsapp untuk memberikan satu instrumen terbaik yang bisa di gunakan oleh pelaku bisnis . Jika pada akhirnya CRM Barantum menjadi salah satu Official  Partner Whatsapp itu adalah bentuk komitmen Manajemen CRM Barantum untuk sektor bisnis di Indonesia.

Lantas dengan adanya kolaborasi tersebut, apa sejatinya yang  bisa di dapat oleh pelaku bisnis.  Setidaknya  ada tiga hal penting  yang bisa menjadi pertimbangan para pelaku bisnis untuk mengoptimalkan penggunaan  WA Business dengan  terintegrasi CRM Barantum.

  • WA Business : Dapat Meningkatkan Performance dari  Manajemen  Sales & Marketing ( karena customer lama dan baru menjadi mudah  untuk di maintenance . Sehingga konsep bisnis berdasarkan Customer Based Oriented bisa di jalankan )
  • WA Business  : Dapat Meningkatkan  Produktivitas Bisnis (karena integrasi antara CRM & Whatsapp Business API, bisa menjangkau semua divisi yang ada di dalam perusahaan)
  • WA Business  : Dapat Meningkatkan dan Mengubah Kualitas Customer ( Pada saat terintegrasinya CRM dengan Whatsapp Business API, maka perusahaan bisa meningkatkan kualitas customer menjadi Loyal Customer ).

Ingat bahwa sesuai dengan perspektif bisnis CLV (  Customer Lifetime Value ).  Dikatakan  bahwa mempertahankan customer lama justru lebih menguntungkan dibanding mendapatkan customer baru yang costnya bisa jauh lebih besar.  Dimana  Prediksi dari perhitungan Net Profit   yang terkait dengan keseluruhan hubungan antara perusahaan dengan customer. Konteksnya CLV  dapat membantu perusahaan untuk pengambilan keputusan terkait : Keputusan marketing, Pengembangan Produk dan Diversifikasi  Penjualan.

Jadi jika saat ini anda adalah pelaku bisnis yang memiliki banyak agen ( memiliki banyak team Sales dan Marketingnya ). Maka saat inilah anda mencoba mengubah pola komunikasinya, baik secara internal ataupun enternal dengan model komunikasi WA Business yang telah terintegrasi dengan CRM Barantum.  Karena jika hal itu anda lakukan, beberapa point berikut bisa anda dapatkan secara langsung :

  • CRM sistem  yang user friendly, karena bisa di aplikasikan pada Handphone atau PC (Laptop). Sehingga jika di tambah dengan WA Business hasilnya akan bisa lebih maksimal.
  • CRM lebih mudah di integrasikan dengan sistem apapun. Seperti saat ini dimana Media Social jadi salah satu sarana media komunikasi yang efektif.  Maka CRM bisa diintegrasikan dengan Media Social menjadi CRM Omnichannel.  Dan  ingatlah bahwa mayoritas kita saat ini lebih terbiasa komunikasi dengan  WA dan Facebook.  Kedua media sosial  tersebut sudah terintegrasi dalam CRM Omnichannel.
  • CRM bukan sekadar aplikasi untuk Divisi Sales & Marketing.  Tetapi bisa  untuk Divisi lain seperti : Customer Service, Adminitrasi & Umum, HRD, hingga  Divisi Workshop & Training.
  • CRM bisa di gunakan  untuk melakukan  pengumpulan data dan analisa data customer.  dengan cara tersebut bisa memaksimalkan potensi customer yang ada di perusahaan.
  • CRM yang sudah di integrasikan dengan WA Business, pada akhirnya akan mengubah cara komunikasi anda jadi lebih efektif dan efisien. Sehingga di tahun 2021, performance bisnis anda dalam menangani dan mengelola customer menjadi lebih baik.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x