Mohon tunggu...
Achmad SFachrezzy
Achmad SFachrezzy Mohon Tunggu... Jurnalis - Journalis
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Kecintaan saya dengan bidang tulis menulis ( menulis di majalah, media online, buku hingga media lainnya). Pada akhirnya membuat saya selalu tertantang untuk selalu meningkatkan kemampuan saya dalam bidang tulis menulis

Selanjutnya

Tutup

Money

Ingin Profil Bisnis Anda Lebih Qualified, Saatnya Beralih ke WhatsApp Verified

9 Februari 2021   15:51 Diperbarui: 9 Februari 2021   16:03 434
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saat ini WhatsApp menjadi salah satu media komunikasi bisnis yang cukup handal. Bukan karena aplikasi ini banyak di minati oleh pelaku bisnis, tetapi karena WhatsApp memiliki beragam keunggulan sebagai sebuah media komuniasi bisnis. 


Menjadi salah satu media komunikasi bisnis yang cukup handal, memang cukup wajar di alami oleh WhatsApp. Betapa tidak, berdasarkan survey di dunia terkait konsistensi media sosial yang paling agresif. Memang pada akhirnya menempatkan WhatsApp sebagai media komunikasi yang paling unggul.

Setidaknya ada 4 hal yang membuat WhatsApp unggul dibanding aplikasi komunikasi lainnya. Dimana ke-4 hal itu adalah :

  • WhatsApp di dunia memiliki pengguna aktif cukup besar sekitar 2 juta pengguna. Artinya apa, komposisi pengguna WA adalah setengah lebih dari pengguna Facebook Messenger yang memang menjadi salah satu pesaing utamanya ( Sumber : Statista)
  • WhatsApp dengan rata-rata penggunanya, setelah dilakukan pemeriksaan ternyata mereka melakukan pemeriksaan WA-nya lebih dari 23x sehari ( Sumber : Text Request) 
  • WhatsApp menjadi aplikasi komunikasi  yang berada pada posisi teratas di 128 Negara. Sementara untuk Facebook Messenger masih menempati posisi teratas di 72 Negara di dunia ( Sumber : HootSuite) 
  • Saat ini jika di lihat dari hasil survey, sudah ada  3 juta perusahaan yang telah menggunakan WhatsApp business untuk berkomunikasi dengan customernya ( Sumber : 99Firms)

SAATNYA  PEBISNIS BERALIH KE WHATSAPP VERIFIED, UNTUK MENINGKATKAN PERFORMANCE BISNISNYA

Dengan semua yang telah di jelaskan diatas, itulah yang menjadi dasar kenapa saat ini  banyak pelaku bisnis ingin mengubah kualitas WhatsAppnya. Karena berdasarkan kondisi yang ada di dunia, sesuai dengan hasil analisa bisnis yang di telah ada. Tercatat ada dua hal yang membuat WhatsApp menjadi salah satu pilihan penting bagi pelaku bisnis  untuk berkomunikasi.

Dimana kedua review itu adalah sebagai berikut : (1) Berdasarkan review bisnis yang telah di lakukan oleh Harvard Business Review, ternyata sebanyak 98% aplikasi perpesanan akan langsung  dibuka dan di baca oleh penggunanya. Hal ini berbeda dengan kondisi yang terjadi pada media aplikasi lainnya. Jika email hanya berkisar (22%), sementara aplikasi Facebook justru lebih kecil lagi hanya berkisar diangka (7%) pada saat setelah posting di akun yang bersangkutan.

Sedangkan menyangkut kualitas lainnya, ternyata untuk tingkat kenyamanan dan keamanan, tercatat 64% responden memberikan statemennya. Bahwa mereka nyaman untuk selalu mengirim dan menerima pesan. Sedangkan untuk komunikasi bisnis sendiri, sebanyak 61% pelaku bisnis menyatakan bahwa  olah pesan adalah cara paling mudah  bagi mereka  untuk berkomunikasi dan berhubungan dengan customer/ pelanggan mereka. Sehingga tidak salah  jika WhatsApp untuk bisnis terhubung langsung dengan kekuatan WhatsApp sebagai saluran komunikasi pribadi.

CARA MUDAH MENGUBAH KONDISI WHATSAPP MENJADI WHATSAPP BUSINESS VERIFIED

Bagi pelaku bisnis  yang belum tahu apa arti verified ( centang hijau ) pada akun WhatsApp Bussiness Anda. Disini kami akan coba menjelaskan, bahwa fungsi centang hijau pada WhatsApp adalah bahwa WhatsApp anda telah di verifikasi dan menjadi akun yang resmi. Dimana konsekuensinya adalah jika nomor bisnis anda telah diverifikasi, maka akan terlihat pada saat melakukan obrolan, layar obrolan, group obrolan dan sudah pasti pada tampilan kontak alih-alih nomor telephone anda. Sehingga dari sana anda bisa tahu nomor WA mana saja yang sudah terdapat centang hijau ( sudah terverified).

Karena saat ini WhatsApp dan Facebook  masuk dalam satu perusahaan ( manajemen). Maka kondisi yang terjadi pada Facebook juga berdampak pada WhatsApp. Itulah sebabnya, ketika Facebook bermitra dengan Penyedia Solusi Bisnis (BSP). Maka secara global keberadaan tersebut untuk membantu bisnis yang di jalankan menggunakan WhatsApp Business API. Bagi pelaku bisnis yang tertarik bisa secara langsung mendaftarkan dengan menggunakan tautan berikut ini : https://www.facebook.com/business/m/whatsapp/business-api.

Namun jika pelaku bisnis ingin mengetahui skema atau proses mengubah akun WhatsApp anda menjadi WhatsApp Business dan terverified. Step-step berikut bisa menjadi panduan anda dalam melakukan  konfirmasi ke manajemen WhatsApp : ( Biasanya proses yang terjadi untuk melakukan persetujuan BSP : antara 1-3 minggu ).

  • Daftarkan akun WhatsApp anda kepada Penyedia Solusi Bisnis (BSP). Biasanya waktu yang di gunakan antara 1-3 Minggu.
  • Setelah anda mendaftarkan ke BSP, lalu buat dan aktifkanlah  WhatsApp Business yang selama ini anda kelola dan telah di gunakan untuk media komunikasi bisnis.
  • Cobalah untuk menghubungkan Akun WhatsApp Business  yang anda miliki dengan WhatsApp Business API.
  • Setelah itu langkah selanjutnya adalah melakukan pengelolaan pesan pelanggan Anda di kotak masuk yang terpadu . Dengan kondisi tersebut maka  fungsi WhatsApp Business API ini menjadi lebih maksimal.
  • Dan langkah  yang terakhir adalah dengan memberikan tempat untuk melakukan kolaborasi bagi anggota tim anda yang lainnya.
  • Bagian akhir dari proses diatas adalah melakukan analisa dan memberikan wawasan berharga  untuk materi yang berbasis data.
  • Setelah melakukan pendaftaran Akun, lalu buatlah Akun Business Manager.
  • Berikan BSP yang diawal telah di daftarkan dengan memasukan  16 Digit ID  Manager Bisnis ( BMID) pada akun WhatsApp anda.
  • Setelah itu, biarkan atau izinkan BSP  untuk bisa mengirimkan pesan atas nama akun anda.
  • Dan proses terakhir adalah melakukan Verifikasi bisnis, kebijakan dan nama tampilan dari akun WhatsApp anda.

3286f60a-b2f8-4afc-b57a-58a34e14a944-60224cfed541df47b80ca962.jpg
3286f60a-b2f8-4afc-b57a-58a34e14a944-60224cfed541df47b80ca962.jpg
CRM BARANTUM JADI OFFICIAL PARTNER WHATSAPP ( FITUR WHATSAPP BUSINESS API JADI UNGGULANNYA ).

Salah satu prasyarat yang membuat implementasi WA Business ke depan bisa menjadi alternatif solusi terbaik bagi pelaku bisnis adalah :  Bahwa WA Business mampu meningkatkan performance perusahaan dalam mengelola customer. Sehingga perusahaan bisa melakukan  Strategi Customer Based Oriented dengan menggunakan WA Business  yang sudah terintegrasi dengan CRM (  Customer Relationship Management). Hasil akhirnya sudah pasti customer  meningkat kualitasnya menjadi Loyal Customer.

Itulah  kenapa, CRM Barantum sebagai sebuah entitas bisnis yang peduli dengan perkembangan dan pengembangan bisnis pelaku industri di Indonesia. Merasa perlu untuk  mencoba  melakukan kolaborasi dengan Manajemen Whatsapp untuk memberikan satu instrumen terbaik yang bisa di gunakan oleh pelaku bisnis . Jika pada akhirnya CRM Barantum menjadi salah satu Official  Partner Whatsapp itu adalah bentuk komitmen Manajemen CRM Barantum untuk sektor bisnis di Indonesia.

Lantas dengan adanya kolaborasi tersebut, apa sejatinya yang  bisa di dapat oleh pelaku bisnis.  Setidaknya  ada tiga hal penting  yang bisa menjadi pertimbangan para pelaku bisnis untuk mengoptimalkan penggunaan  WA Business dengan terintegrasi CRM Barantum. WA Business : Dapat Meningkatkan Performance dari  Manajemen  Sales & Marketing

  • ( karena customer lama dan baru menjadi mudah  untuk di maintenance . Sehingga konsep bisnis berdasarkan Customer Based Oriented bisa di jalankan )
  • WA Business  : Dapat Meningkatkan  Produktivitas Bisnis
  • (karena integrasi antara CRM & Whatsapp Business API, bisa menjangkau semua divisi yang ada di dalam perusahaan)
  • WA Business  : Dapat Meningkatkan dan Mengubah Kualitas Customer
  • ( Pada saat terintegrasinya CRM dengan Whatsapp Business API, maka perusahaan bisa meningkatkan kualitas customer menjadi Loyal Customer ).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun