Mohon tunggu...
Achmad SFachrezzy
Achmad SFachrezzy Mohon Tunggu... Jurnalis - Journalis
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Kecintaan saya dengan bidang tulis menulis ( menulis di majalah, media online, buku hingga media lainnya). Pada akhirnya membuat saya selalu tertantang untuk selalu meningkatkan kemampuan saya dalam bidang tulis menulis

Selanjutnya

Tutup

Money

CRM, Cara Cerdas Sales dalam Memaksimalkan Potensi Customer

5 Agustus 2020   17:34 Diperbarui: 5 Agustus 2020   17:38 145
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
belajartentangcrm.com

Bagi sebuah perusahaan, divisi sales dan marketing adalah salah satu divisi utama yang bisa sebagai ujung tombak perusahaan. Dimana sebagus apapun produk dan service yang diberikan  oleh perusahaan. Selama team sales-nya tidak bisa bekerja secara maksimal, maka hasilnya kurang maksimal. Itulah sebabnya perlu adanya sebuah strategi jitu dalam mengoptimalkan gaya kerja dari  team sales dan marketing. 

Kondisi itulah yang saat ini menjadi perhatian semua perusahaan. Bukan saja karena saat ini  kondisinya Indonesia sedang mengalami apa yang sering di sebut Pandemi Covid19. Tetapi hal ini juga di karenakan Indonesia sedang mengalami penurunan kondisi Ekonomi Makro.

Ada  beberapa hal yang mempengaruhi sehingga ekonomi makro Indonesia sedang tidak baik : (1) Pertumbuhan ekonomi minus 5,32% sehingga banyak di katakan bahwa Indonesia di ambang krisis (2) Survey Bank Indonesia  terhadap 3.719 pelaku bisnis menjelaskan bahwa terjadi penurunan kegiatan dunia usaha pada Kuartal I-2020.

Jika kondisi seperti ini tidak diantisipasi maka akan mengarah pada kondisi hingga kuartal II-2020. (3) Banyak perusahaan yang hampir mengajukan kondisi pailit dari laporan yang di berikan oleh KADIN ( Kamar Dagang dan Industri) Indonesia.

Dari beberapa kondisi diatas itulah, pada akhirnya kita mesti sadar bahwa saat ini memang kondisinya Indonesia sedang dalam keadaan yang kurang kondusif. Sehingga satu hal yang mesti dilakukan oleh para pelaku usaha bisnis adalah mencoba mencari terobosan dan strategi  jitu agar bisnis yang saat ini di jalankan tetap survive dan tidak berlanjut ke kondisi pailit.

Ada banyak cara yang saat ini di jalankan oleh perusahaan, salah satunya adalah dengan mengoptimalkan performance dari team sales dan marketing. Kenapa, karena ada beberapa hal yang bisa menjadi dasar kenapa hal itu mesti kita jalankan:

(1) Sales dan marketing adalah ujung tombak perusahaan. Ketika divisi ini lemah maka lemah pula kondisi perusahaan

(2) Sales dan marketing adalah divisi yang bisa menjadi komunikasi efektif antara customer dengan perusahaan. Dimana ketika customer merasa nyaman dan loyal kepada perusahaan, maka keuntungan akan di dapat oleh perusahaan.

Oleh karena  itu, cara terbaik yang mesti dilakukan adalah mencoba memaksimalkan kerja dari team sales dan marketing dengan cara smart. Seperti apa konsepnya, yaitu dengan memaksimalkan tools  yang bernama CRM (Customer Relationship Management).

Apa itu CRM  bisa kita jelaskan : CRM adalah sebuah alat, strategi dan sebuah proses yang membantu bisnis dalam melakukan pengelolaan dan akses data dari pelanggan dengan baik.

Sekalipun awalnya CRM masih bersifat tradisional, maka saat  ini dengan berkembangnya teknologi IT ( Information Technology) maka saat ini CRM adalah sebuah sistem yang menyimpan begitu banyak database customer sehingga pengelolaan customer menjadi lebih baik.

Ada beberapa hal yang mendasari kenapa pada akhirnya team sales dan marketing saat ini perlu menggunakan CRM dalam menjalankan aktivitasnya : (1) CRM memiliki banyak manfaat khususnya bagi peningkatan nilai dan value dari sebuah perusahaan. (a) CRM bisa meningkatkan kesetiaan bagi pelanggan (b) CRM mampu mengefektifkan kerja dan mengurangi cost operasional (c) CRM mampu mengefektifkan kegiatan kantor  menjadi lebih efektif  (d) CRM bisa meningkatkan time to market bagi perusahaan (e) CRM dapat menjadi media untuk meningkatkan pendapatan perusahaan... (2) CRM pada akhirnya bisa menjadi acuan bagi perusahaan untuk membantu perusahaan dalam membuat produk baru  yang didasarkan pada kondisi market dan keinginan customer yang ada di pasar. Dimana beberapa hal yang didapat dari database CRM adalah keinginan pelanggan dan data pesaing pelanggan.  (a) CRM mampu menjaga kesetiaan pelanggan baik pelanggan baru ataupun lama (b) CRM bisa melakukan respon yang cepat kepada pelanggan (c) CRM bisa secara efektif melihat peluang yang ada di pasar (d) CRM Bisa memberikan alternatif lain produk yang di butuhkan oleh pelanggan.  Hal itu didasarkan pada data yang di kumpulkan dari database customer (e) CRM mampu memberikan proses kerja yang lebih efisiensi (f) CRM bisa menjadi media penyimpanan data pelanggan yang lebih  baik.  (3) CRM dapat memberikan keuntungan yang secara maksimal kepada perusahaan : (a) CRM bisa menjaga kesetiaan pelanggan,  baik yang baru ataupun yang sudah lama (b) CRM akan bisa memberikan produk  yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan atau customer (c) CRM bisa menjadi media untuk memberikan penawaran yang lebih baik kepada pelanggan (d) CRM bisa menjadi media untuk memberikan service kepada pelanggan.

BARANTUM SHARING SECTION, KONSEP EVENT YANG MEMADUKAN  KEPENTINGAN PERUSAHAAN DAN KLIEN

aplikasi-crm-terbaik-5f2a8b2c3cf9ef23ba56fbc3.jpg
aplikasi-crm-terbaik-5f2a8b2c3cf9ef23ba56fbc3.jpg
Barantum sebagai sebuah perusahaan yang concern dalam pengembangan industri CRM. Dengan bergulirnya waktu dan keinginan untuk bisa memberikan kontribusi yang baik tidak saja klien tetapi juga kepada industri bisnis yang ada di Indonesia. Maka Barantum secara periodik melakukan kegiatan yang kita namakan Barantum Sharing Section.

Kegiatan ini adalah media komunikasi yang sengaja di ciptakan untuk menumbuhkan saling kepercayaan dan hubungan  yang komunikatif antara Barantum dengan para kliennya. Dengan mengusung tema terkait pendalaman materi soal CRM, acara Barantum Sharing Section bisa menjadi salah satu media refresing  yang efektif dalam penggunaan CRM oleh  klien Barantum.

Acara yang akan di laksanakan pada tanggal 7 Agustus 2020 lusa akan menghadirkan para trainer dan team Barantum yang sudah familiar dalam penggunaan CRM secara lebih optimal. Dimana ada beberapa hal yang akan peserta dapatkan dari kegiatan tersebut seperti :

  • Peserta mendapatkan kesempatan melakukan Refress penggunaan CRM Barantum
  • Peserta  bisa mendapatkan info-info terkini dalam penggunaan CRM Barantum
  • Peserta akan mendapatkan tip-tip atau solusi praktis dalam penggunaan CRM Barantum
  • Peserta bisa saling tukar informasi kepada sesama user atau klien  Barantum
  • Peserta jadi makin mantap dalam penggunaan CRM Barantum untuk menunjang aktivitas pekerjaanya di kantor dan luar kantor.

Sedangkan untuk mengoptimalkan kegiatan tersebut, maka kami dari team Barantum akan memberikan beberapa materi pendalaman  CRM dengan konteks materi seperti berikut  ini :

  1. Tutorial CRM Barantum
  2. Key Feature yang biasa di gunakan sales atau user dalam bekerja. Dimana salah satu tujuan dari penggunaan CRM adalah untuk mengoptimalkan potensi bisnis dari klien atau customer.
  3. Penjelasan singkat dari beberapa fitur  unggulan yang ada di CRM Barantum yang biasanya sering  di gunakan oleh sales ketika berhadapan dengan klien atau customer.
  4. Memaksimalkan database klien atau calon klien tersebut sehingga hasilnya  bisa maksimal.
  5. Contoh-contoh flow yang di gunakan dalam penggunaan CRM Barantum.
  6. Tip troubleshooting untuk bisa mengatasi  kendala umum yang biasanya sering di jumpai dalam penggunaan CRM. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun