Mohon tunggu...
Achmad SFachrezzy
Achmad SFachrezzy Mohon Tunggu... Journalis

Kecintaan saya dengan bidang tulis menulis ( menulis di majalah, media online, buku hingga media lainnya). Pada akhirnya membuat saya selalu tertantang untuk selalu meningkatkan kemampuan saya dalam bidang tulis menulis

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

CRM, Cara Cerdas Sales dalam Memaksimalkan Potensi Customer

5 Agustus 2020   17:34 Diperbarui: 5 Agustus 2020   17:38 10 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
CRM, Cara Cerdas Sales dalam Memaksimalkan Potensi Customer
belajartentangcrm.com

Bagi sebuah perusahaan, divisi sales dan marketing adalah salah satu divisi utama yang bisa sebagai ujung tombak perusahaan. Dimana sebagus apapun produk dan service yang diberikan  oleh perusahaan. Selama team sales-nya tidak bisa bekerja secara maksimal, maka hasilnya kurang maksimal. Itulah sebabnya perlu adanya sebuah strategi jitu dalam mengoptimalkan gaya kerja dari  team sales dan marketing. 

Kondisi itulah yang saat ini menjadi perhatian semua perusahaan. Bukan saja karena saat ini  kondisinya Indonesia sedang mengalami apa yang sering di sebut Pandemi Covid19. Tetapi hal ini juga di karenakan Indonesia sedang mengalami penurunan kondisi Ekonomi Makro.

Ada  beberapa hal yang mempengaruhi sehingga ekonomi makro Indonesia sedang tidak baik : (1) Pertumbuhan ekonomi minus 5,32% sehingga banyak di katakan bahwa Indonesia di ambang krisis (2) Survey Bank Indonesia  terhadap 3.719 pelaku bisnis menjelaskan bahwa terjadi penurunan kegiatan dunia usaha pada Kuartal I-2020.

Jika kondisi seperti ini tidak diantisipasi maka akan mengarah pada kondisi hingga kuartal II-2020. (3) Banyak perusahaan yang hampir mengajukan kondisi pailit dari laporan yang di berikan oleh KADIN ( Kamar Dagang dan Industri) Indonesia.

Dari beberapa kondisi diatas itulah, pada akhirnya kita mesti sadar bahwa saat ini memang kondisinya Indonesia sedang dalam keadaan yang kurang kondusif. Sehingga satu hal yang mesti dilakukan oleh para pelaku usaha bisnis adalah mencoba mencari terobosan dan strategi  jitu agar bisnis yang saat ini di jalankan tetap survive dan tidak berlanjut ke kondisi pailit.

Ada banyak cara yang saat ini di jalankan oleh perusahaan, salah satunya adalah dengan mengoptimalkan performance dari team sales dan marketing. Kenapa, karena ada beberapa hal yang bisa menjadi dasar kenapa hal itu mesti kita jalankan:

(1) Sales dan marketing adalah ujung tombak perusahaan. Ketika divisi ini lemah maka lemah pula kondisi perusahaan

(2) Sales dan marketing adalah divisi yang bisa menjadi komunikasi efektif antara customer dengan perusahaan. Dimana ketika customer merasa nyaman dan loyal kepada perusahaan, maka keuntungan akan di dapat oleh perusahaan.

Oleh karena  itu, cara terbaik yang mesti dilakukan adalah mencoba memaksimalkan kerja dari team sales dan marketing dengan cara smart. Seperti apa konsepnya, yaitu dengan memaksimalkan tools  yang bernama CRM (Customer Relationship Management).

Apa itu CRM  bisa kita jelaskan : CRM adalah sebuah alat, strategi dan sebuah proses yang membantu bisnis dalam melakukan pengelolaan dan akses data dari pelanggan dengan baik.

Sekalipun awalnya CRM masih bersifat tradisional, maka saat  ini dengan berkembangnya teknologi IT ( Information Technology) maka saat ini CRM adalah sebuah sistem yang menyimpan begitu banyak database customer sehingga pengelolaan customer menjadi lebih baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN