Saat ini bisnis Fintech Indonesia terus mengalami peningkatan dari : 2014 sekitar Rp747 ribu menjadi Rp 190 triliun di tahun 2016. Kemudian peningkatan juga terjadi pada sektor E-Commerce dari mulai Rp 104 triliun tahun 2013, kemudian naik menjadi Rp 261 triliun di  tahun 2016 dan prediksi di tahun 2020 menjadi Rp1.700 triliun. Â
Dimana dari kondisi tersebut, jumlah On Demand Servicenya untuk pengguna internet 132,7 juta dengan potensi internet of thingsnya di tahun 2015 sekitar US$ 250 miliar dan tahun 2020 sekitar US$ 583 miliar.
Berdasarkan dari kondisi yang telah di jelaskan diatas  itulah yang menjadi dasar kenapa pada akhirnya kami dari Barantum, perusahaan yang bergerak dalam bidang CRM  ( Customer Relationship Management). Melakukan kolaborasi bisnis dengan Co Working Space STARHUB.  Sebuah perusahaan yang memiliki core bisnis dalam bidang sewa menyewa ruangan kantor. Â
Berlokasi di ruang serba guna Co Working Space STARHUB, pada tanggal 20 Februari 2020.  Acara yang  pada kesempatan kali ini menghadirkan 2 narasumber yang sudah memiliki kompetensi di bidangmya  yaitu : Chrisma Wibowo perwakilan dari Gapura Goggle Digital, serta Bambang Laskito dari Barantum.
Antusiasme peserta yang di tunjukan dari awal hingga akhir acara memang terlihat cukup kondusif. Dimana dari keseluruhan peserta yang hadir berasal dari sekitar 10 jenis industri yang ada di Indonesia.Â
Dari mulai bidang industri Perhotelan, Tour and Travel, Furniture, Health care, Properti hingga perlengkapan bayi. Kesemua itu memang menunjukan  bahwa saat ini tools Digital Marketing menjadi salah satu tools manarik yang dibuat oleh perusahaan dalam rangka untuk mendapatkan potensial leas yang cukup baik.
Acara yang berlangsung dari pagi hingga sore hari, diawali dengan paparan menarik tentang Digital Marketing oleh Chrisma Wibowo, perwakilan dari Gapura Digital.Â
Kompleksitas materi Digital Marketing yang diberikan oleh Chrisma jelas memberikan  satu pertanda bahwa Digital Marketing saat ini sudah menjadi salah satu tools yang bisa di gunakan oleh perusahaan dalam menjalakan strategi bisnisnya untuk mencapai peningkatan omzet bagi perusahaan.
Sedangkan pada sesi kedua,  Bambang Laskito yang saat itu hadir untuk mewakili Barantum dalam memberikan paparan bisnisnya lebih menjelaskan tentang beberapa hal dari mulai : Apa itu CRM dan keunggulannya, bagaimana strategi  CRM agar bisa menjadi satu tools yang menarik untuk bisa meningkatkan kinerja perusahaan untuk mendapatkan calon klien yang cukup potensial.
Menarik memang apa yang disajikan dari kedua narasumber diatas, dan lebih menarik lagi karena materi yang disajikan oleh Bambang Laskito seolah menjadi kunci bagaimana kita sebagai sales atau pelaku bisnis bisa mensinergikan atau mentranspormasi data dan informasi  yang kita dapat dari Digital Marketing agar bisa menjadi potensial klien bagi perusahaan.  Karena memang salah satu fungsi dari CRM adalah menciptakan lead atau calon konsumen bagi yang berasal dari berbagai sumber seperti Digital Marketing agar bisa menjadi klien yang  berguna  bagi perusahaan.
Pada akhirnya kolaborasi bisnis yang memang baru pertama kali dilakukan antara Barantum dan Co Working Space STARHUB ini  bisa menjadi salah satu contoh bagaimana sebuah bisnis di  jalankan dengan menggunakan strategi kolaborasi dengan mengedepankan keunggulan masing-masing pihak .Â