Bicara soal CRM dan kaitannya dengan kerja team sales, maka  satu hal yang  selalu menjadi perhatian mereka adalah bagaimana CRM mampu menjadi alternatif solusi terbaik bagi bisnis yang mereka pasarkan.Â
Itulah saat ini yang sedang menjadi perbincangan di kalangan profesional sales dan marketing. Keinginan untuk selalu bisa mencapai target dari tools  yang mereka pergunakan menjadi dasar kenapa mereka pada akhirnya berhati-hati dalam merencanakan untuk menggunakan sebuah aplikasi yang ditujukan untuk mempermudah  kerja team salesnya.
Bukan karena apa, tetapi lebih kepada sejauh mana tools itu benar-benar memberikan kontribusi positif bagi sistem kerja yang di jalankan oleh team sales mereka. Karena jika salah dalam menentukan tools atau alat yang dipergunakan untuk membantu para salesnya maka yang terjadi adalah buang waktu dan biaya semata.
Beruntung saat ini para profesional sales di berikan satu tools  yang bernama CRM (  Customer Relatinship Management). CRM ini memang sengaja di ciptakan untuk membantu kerja dari team sales. Namun jangan salah, saat ini di pasaran terdapat begitu banyak CRM yang bisa di pilih. Jika salah dan kurang pas dalam menentukan CRM sama halnya dengan kita salah memilih tools bagi para team sales.
Ada cara mudah agar perusahaan mudah menentukan CRM seperti apa yang bagus dan tepat untuk membantu kerja team sales. Setidaknya ada 3 hal utama yang bisa di lihat dari aplikasi CRM : (1) Pilihlah aplikasi CRM yang mampu di konsep secara kustomisasi. Artinya fitur-fitur yang terdapat di CRM nantinya telah di sesuaikan dengan kebutuhan para salesnya  (2) Pilihlah CRM yang memiliki Form Report yang mendukung kerja team sales. Artinya dengan adanya form-form seperti itu akan mempermudah tugas sales dalam memberikan report tidak saja ke koordinator sales tetapi juga ke manajemen atau ke calon klien. (3) Pilihlah CRM yang memiliki konsep after sales servicenya  yang cukup baik. Kenapa, karena CRM ini adalah aplikasi, sehigga cara terbaik untuk memaksimalkan fungsi  CRM jika kita para sales diberikan kemudahkan dalam mengoperasionalkan CRM tersebut.
4 FITUR UNGGULAN CRM BARANTUM YANG MAMPU MELANCARKAN TUGAS SALES
CRM  Barantum, saat ini  bisa di katakan menjadi salah satu CRM yang sudah di pergunakan oleh sekitar 2.000-an user yang ada di selurh Indonesia.  Dimana ke-2.000-a user itu terdiri dari sekitar 30-an jenis industri.
Keberagaman industri yang mampu di support oleh CRM Barantum pada akhirnya menjadi satu bukti bahwa saat ini CRM Barantum bisa menjadi salah satu alternatif solusi terbaik bagi para profesional sales. Setidaknya ada beberapa hal yang membuat CRM  Barantum berbeda dan di pilih oleh para sales : (1) CRM Barantum bersifat custom, artinya fitur-fitur yang ada bisa di sesuaikan dengan kebutuhan alur kerja dari divisi sales dan marketing. (2) CRM Barantum sengaja di buat untuk mempermudah kerja  para sales, sehingga report dan form-form  yang ada di dalamnya secara nyata memang bisa membantu kerja dari  para sales. (3) CRM  Barantum di dukung oleh team CSA ( Customer Satisfaction Assurance ). Artinya segala  hal yang anda keluhkan dengan penggunaan CRM  Barantum sudah ada solusinya 24 jam dari team CSA  yang selalu siap sedia membantu anda.
Itu garis besar dari CRM Barantum dibanding dengan CRM lain yang ada di Indonesia. Sedangkan  terkait bagaimana Fitur CRM Barantum bisa di buat secara kustomisasi. Maka berikut kami sampaikan 4 fitur kustomisasi yang sangat membantu kerja dari team sales.
 (1)Fitur KustomisasiÂ
Fitur ini bersifat khusus, artinya antar perusahaan bisa jadi fitur yang di buat tidak akan sama karena alur kerja dan proses kerja yang dilakukan juga bisa jadi berbeda. Sehingga fitur kustomisasi bisa menjadi bukti bagaimana CRM Barantum mampu menjadi mitra strategis sales untuk mencapai sukses