Travel

Perayaan "Culture Dieng Festival" dan Hebohnya Berburu Embun Es

11 Agustus 2018   13:10 Diperbarui: 11 Agustus 2018   18:11 278 1 0
Perayaan "Culture Dieng Festival" dan Hebohnya Berburu Embun Es
dieng-5b6e8222aeebe13d3574b664.jpg

Dataran tinggi Dieng dikawasan Kabupaten Banjarnegara ini berada diketinggian 2300 mdpl lho! Karena letaknya ini, negeri diatas awan ini pun dinobatkan sebagai tempat tertinggi di Pulau Jawa. Negeri diatas awan ini pun memilik beberapa potret surga terhampar di kawasan ini. 

Mulai dari pesona Gunung Prau, hingga telaga beragam warna, dan salah satu event internasional bergengsi di Indonesia yaitu Dieng Culture Festival menjadi pertunjukan dan prosesi adat yang selalu ramai oleh pengunjung, mulai dari Jazz Atas Awan, pesta lampion, hingga prosesi ruwatan anak gimbal.

Ada hal yang menarik dalam proses pelaksanaan Dieng Culture Festival sejak Jumat (3/8/2018) hingga Minggu (5/8/2018) tahun ini karena saat pelaksanaan DCF tahun 2018 ini air embun membeku akibat suhu udara yang mencapai -4 derajat, hal ini juga bertepatan dengan siklus puncak musim dingin yang biasa terjadi di Dieng, sehingga air embun membeku

Selain itu menurut penuturan warga sekitar Dieng, keran air yang berada dekat ladang yang biasa dipakai menyirami ladang ketika airnya akan mengucur sebelum pukul 06.00 juga langsung membeku. 

Juga ketika ada air yang menetesi kemasan kaleng roti turut membeku, hal tersebut ternyata tidak menyurutkan antusiasme masyarakat untuk mengunjungi DCF tahun ini. "Ada yang takut, tapi banyak juga yang penasaran," ujar Ari

Para wisatawan pun berlomba untuk mengabadikan dan membagikan momen langka acara Dieng Culture Festival tahun ini ditengah Dieng yang membeku dengan membagikan foto-foto di media sosial.


Penulis             : Achmad Husein Hidayatulloh
Editor              : Achmad Husein Hidayatulloh