Mohon tunggu...
Achmad Humaidy
Achmad Humaidy Mohon Tunggu... Blogger -- Challenger -- Entertainer

#BloggerEksis My Instagram: @me_eksis My Twitter: @me_idy My Blog: https://www.blogger-eksis.my.id

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Ramadan 2021, Belajar dari Pandemi

14 April 2021   13:12 Diperbarui: 14 April 2021   13:19 426 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ramadan 2021, Belajar dari Pandemi
Belajar dari Pandemi (dok. pribadi)

"Jangan lupa pakai maskernya!" Kalimat itu dilontarkan mama kepadaku saat hendak beranjak pergi ke masjid terdekat. Azan Isya yang berkumandang mengiringi langkah kakiku. Aku sudah niat untuk ikut salat tarawih malam pertama di bulan Ramadan. Bagiku, salat berjamaah itu lebih utama pahalanya.

Pemerintah menetapkan 1 Ramadan 1442 Hijriah pada 13 April 2021. Ramadan tahun ini masih sama seperti yang lalu, kita masih berada di masa pandemi. 

Meski, kebijakan di Indonesia sudah mulai longgar karena tahun ini sudah diperbolehkan untuk salat tarawih di masjid. "Alhamdulillah, banyak kesempatan untuk lomba meraih pahala yang berlipat ganda"

Pandemi Covid-19 nyatanya mengubah banyak hal. Tak hanya terkait pelaksanaan ibadah, kebiasaan-kebiasaan baik juga jadi pelajaran dari pandemi. Pelaksanaan ibadah bisa dilakukan optimal asal dengan disiplin protokol kesehatan.

Walau salat tarawih sudah bisa dilakukan berjamaah di masjid, kita harus memastikan bahwa kapasitas jamaah yang salat hanya 50% dari kapasitas masjid. Di komplek perumahanku, masjid juga hanya diperuntukkan untuk jamaah yang berasal dari lingkungan setempat. 

Ada jaga jarak dengan cara merenggangkan shaf. Namun, biasanya ada kajian atau ceramah sebelum salat tarawih, tahun ini masih ditiadakan. Begitu juga dengan tadarus setelah salat tarawih belum bisa dilakukan kembali seperti biasa.

Aku masih merasa kehilangan suasana ramadan. Tapi, aku tak mau kehilangan makna dari bulan suci yang selalu dinantikan!

Suasana salat berjamaah di masjid dekat rumah (dok. pribadi)
Suasana salat berjamaah di masjid dekat rumah (dok. pribadi)

Belajar dari Pandemi

Ramadan 2021 sudah menuju kondisi yang lebih baik. Semua umat muslim harus menahan diri biar tetap bisa disiplin. Kurangi aktivitas di luar rumah yang tidak penting, tidak berkerumun setelah pulang beribadah dari masjid, dan jangan melanggar protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Ramadan 2021 ini harus dijadikan ramadan yang terbaik. Kita tidak pernah tahu, mungkin saja ini ramadan terakhir yang bisa kita lalui selama hidup di dunia. Istilah singkatnya "Ingat mati, bro/sist!"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x