Mohon tunggu...
Achmad Fuadi
Achmad Fuadi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Sastra Arab Universitas Negeri Malang

من وجد وجد

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa JSA FS UM Sukses Sukses Mengikuti Progam Mengajar di Sekolah CoE di PP Darul Faqih

3 November 2021   09:10 Diperbarui: 8 November 2021   19:53 153 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, melalui direktorat jenderal pendidikan tinggi memiliki banyak program untuk menunjang dunia pendidikan di Indonesia agar semakin bagus kualitasnya, salah satunya kebijakan "Merdeka Belajar -- Kampus Merdeka (MBKM)". Center of Excellent (COE) termasuk salah satu program bantuan program studi yang ada di dalam kebijakan (MBKM). Salah satu program tersebut yaitu Asistensi Mengajar.

Asistensi Mengajar adalah program pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswa secara kolaboratif di satuan pendidikan formal maupun nonformal dibawah bimbingan guru dan dosen pembimbing. Jurusan Sastra Arab salah satu jurusan yang diberikan kesempatan untuk mengadakan progam Center of Excellent (COE) oleh Universitas Negeri Malang. Kegiatan ini jurusan Sastra Arab banyak melakukan kerja sama dengan beberapa lembaga yang ada di Malang maupun di luar Malang. Salah satu mitra yang bekerja sama dengan jurusan yaitu Pondok Pesantren Darul Faqih Wagir.

Program yang diadakan oleh Universitas Negeri Malang ini, telah membuat mahasiswa berubah banyak hal, antara lain progam ini telah memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi mahasiswa yang kuliah di program studi pendidikan. Sebagai seorang calon pendidik, karena di dalam program ini mahasiswa bisa langsung berinteraksi dengan peserta didik dan menuntut mahasiswa untuk selalu persiapan sebelum proses belajar mengajar. Program ini menjadikan mahasiswa sebagai guru pengganti di tempat masing-masing yang telah ditentukan. Progam ini dirintis pada tahun 2021, berlangsung selama satu semester.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Selama kegiatan, mahasiswa memiliki program yang harus dijalankan dan sudah di setujui oleh guru pendamping lapangan, salah satu program selain mengajar yaitu mengajarkan qasidah-qasidah islami dan melatih vokal santri. Semoga program ini memberikan banyak kemanfaatan bagi mahasiswa dan terlaksana dengan baik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan