Mohon tunggu...
Achmad FerdinanSaputra
Achmad FerdinanSaputra Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Bojonegoro - Jawa Timur

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

3 Cara Sehat Saat Isolasi Mandiri

27 September 2021   20:16 Diperbarui: 27 September 2021   20:50 163 7 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
3 Cara Sehat Saat Isolasi Mandiri
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Halo sobat kompasiana, kali ini saya akan memberikan tips dan trik bagaimana cara sehat untuk menjalani isolasi mandiri agar pemulihan semakin cepat dan dapat beraktivitas secara normal kembali. 

Tak dapat dipungkiri bahwa pandemi ini membawa perubahan yang sangat besar bagi kehidupan bermasyarakat di Indonesia, salah satu sektor yang paling berdampak adalah kesehatan

Muncul berbagai tips dan trik terkait dengan kesehatan mulai dari pola makan sehat sampai apa saja yang harus dilakukan saat melakukan isolasi mandiri. Berikut ini 3 cara sehat saat isolasi mandiri atau disingkat dengan 3M:

1. Menjaga pola makan dan minum;

2. Menjaga pola istirahat; dan

3. Menjaga pola pikir/mindset agar selalu berpikir positif.

Ketiga cara sehat tersebut tidak hanya dapat diterapkan untuk orang yang sedang isolasi mandiri saja, namun orang - orang dalam keadaan normal juga dapat menerapkan cara sehat tersebut.

Yang pertama adalah menjaga pola makan dan minum. Untuk memulihkan kondisi khususnya dalam isolasi mandiri tubuh kita membutuhkan nutrisi yang cukup dan seimbang, sehingga dengan menjaga pola makan dan minum secara teratur dalam menjalani isolasi mandiri dapat mempercepat pemulihan diri. 

Makanan yang disarankan dalam pemulihan diri pada saat melakukan isolasi mandiri tentu adalah makanan yang memiliki nutrisi yang cukup dan seimbang yaitu makanan 4 sehat 5 sempurna. 

Kombinasi makanan tersebut antara lain adalah nasi (karbohidrat), sayur - sayuran (vitamin), tempe (protein nabati), daging ayam/telur (protein hewani), serta kacang - kacangan (lemak). Kombinasi tersebut dapat ditemukan pada menu makanan tradisional pecel. 

Untuk minuman tentu yang paling utama adalah air putih/air mineral yang diminum teratur sebanyak minimal 8 gelas per hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan