Mohon tunggu...
Achmad Faisal
Achmad Faisal Mohon Tunggu... Freelancer - Artikel Perempuan Yang Sangat Menginspiratif

Menceritakan atau memberi tips seputar permasalahan pada wanita di era milenial terkini dengan berbagai artikel motivasi yang inspiratis yang di harap dapat sangat bermanfaat pada pembaca

Selanjutnya

Tutup

Cryptocurrency Pilihan

Ratu Crypto atau Girlboss? Bagaimana Crypto-Hype Memberdayakan (Hak Istimewa) Wanita

10 Juli 2022   13:53 Diperbarui: 10 Juli 2022   13:58 105 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Cryptocurrency. Sumber ilustrasi: FREEPIK

"Bosan mendengarkan 'crypto bros' menjelaskan tentang cryptocurrency dan menuai sebagian besar ekonomi? Kalau begitu, saatnya bagi kita para gadis untuk mengambil alih dunia crypto dan mengambil tas itu!"

Pembicaraan tentang cryptocurrency di dunia digital telah mencapai ketinggian baru ketika wanita memasuki dan mengambil alih "klub anak laki-laki." Dari Katy Perry hingga Reese Witherspoon pada laman Duniakana.com, selebritas ini mendorong wanita lain untuk berinvestasi dalam cryptocurrency. Alasan di baliknya? Mereka tidak hanya ingin membangun kesetaraan gender di dalam ruang tetapi juga mengubahnya menjadi alat pemberdayaan bagi perempuan untuk membina diri secara finansial dan artistik.

Sementara premis di balik promosi ini terdengar seperti pemberdayaan feminis, sifat di baliknya agak keliru daripada yang dijanjikan.

Daya Tarik Dibalik "Pemberdayaan Perempuan" Melalui Crypto

Sejak munculnya cryptocurrency, demografi investor cryptocurrency didominasi oleh laki-laki. Menurut survei yang dilakukan oleh Pew Research, pria (22 persen) sekitar dua kali lebih mungkin dibandingkan wanita (10 persen) untuk menggunakan cryptocurrency. Namun, seiring berjalannya waktu dan wanita menjadi lebih sadar akan manfaatnya, banyak yang mulai memulai perjalanan investasi kripto mereka dan "mengambil alih ruang."

Temuan oleh Gemini, misalnya, menunjukkan pandangan yang berbeda: kesenjangan gender crypto mulai menutup, dengan 47 persen wanita berencana untuk membeli cryptocurrency secara global pada tahun 2022. Selain itu, investasi crypto di Global South lebih banyak ditempati oleh wanita daripada mereka. di Global Utara.

Adapun manfaat, cryptocurrency juga dapat menjadi ruang untuk proyek yang dipimpin wanita sebagai cara untuk mempromosikan keragaman dan membuka aksesibilitas ke peluang keuangan. 

Ketika berbicara tentang individu yang berinvestasi dalam cryptocurrency, banyak yang berasumsi bahwa mereka berasal dari latar belakang kewirausahaan atau keuangan. Pada kenyataannya, wanita dari berbagai latar belakang sebenarnya aktif dalam berinvestasi (atau mengembangkan) kripto.

Misalnya, artis wanita mulai menunjukkan bakat mereka dengan mencetak dan menjual Non-Fungible Token (NFT) di pasar digital. Alih-alih memperoleh semua keuntungan, beberapa dari mereka mengarahkan hasilnya ke berbagai kampanye dan organisasi keadilan sosial.

Adapun "penjaga gerbang" kripto, selebritas wanita seperti Paris Hilton dan Reese Witherspoon tidak hanya mendorong pencipta, kolektor, dan investor wanita untuk berpartisipasi aktif dalam komunitas kripto, mereka juga menyediakan ruang dan platform untuk menyalurkan bakat dan aspirasi mereka. 

Selain itu, mayoritas wanita memilih untuk mencelupkan jari mereka ke dalam investasi kripto untuk meningkatkan kesejahteraan finansial mereka bersama dengan mendapatkan kemandirian finansial. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cryptocurrency Selengkapnya
Lihat Cryptocurrency Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan