Mohon tunggu...
Achfriyatama Oktariflandi
Achfriyatama Oktariflandi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Jurusan Pariwisata di Universitas Pancasila

Mahasiswa yang suka jalan-jalan, kemudian hasil jalan-jalan itu dituangkan dalam sebuah tulisan. Saya masih belajar menjadi seorang penulis mohon bimbingannya semua.

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Potensi Wisata di Desa Cisadon Kabupaten Bogor

28 September 2022   17:30 Diperbarui: 3 Oktober 2022   12:53 984 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Assalamu'alaikum halo semua, bagaimana kabarnya? sehat dan bahagia kan? semoga para pembaca selalu dalam keadaan sehat dan berbahagia. Kita bertemu lagi di Catatan Perjalanan Achfri, kali ini saya akan membahas tentang konsep wisata yang sedang naik daun yaitu Desa Wisata, penasaran kan? yuk kita simak. 

Desa merupakan perkumpulan suatu masyarakat yang diatur dalam hukum dan memiliki wilayah berdasarkan hasil musyawarah masyarakat desa, masyarakat desa umumnya memilik pekerjaan yang homogen misalnya petani, peternak, dan pengrajin kemudian suatu desa juga mampu berinteraksi dengan desa lainnya dalam hal perdagangan misalnya,  berdasarkan data dari BPS  desa yang ada di Indonesia berjumlah sebanyak 81.616 desa hal ini tentu angka yang sangat fantastis karena bisa dibayangkan berapa banyak pemasukan yang bisa didapat dari tiap-tiap desa jika desa tersebut dioptimalkan dan dikembangan dengan baik oleh pemerintah, tentu dengan mengembangkan desa-desa itu akan membawa banyak manfaat bagi seluruh rakyat Indonesia. 

Salah satu cara untuk mengembangkan desa-desa tersebut adalah dengan menjadikannya menjadi sebuah "Desa Wisata", desa wisata merupakan salah satu konsep wisata alternatif yang dikembangkan untuk menjawab keinginan para wisatawan yang ingin menikmati alam pedesaan yang syahdu, berinteraksi dengan masyarakat lokal dan mempelajari budaya desa tersebut namun pengelolaannya tetap diberikan kepada masyarakat lokal sehingga berdampak langsung ke kesejahteraan masyarakat tersebut, dalam pengembangan sebuah desa wisata perlu adanya unsur 3A yaitu (Atraksi, Amenitas dan Aksesibilitas) dan keikutsertaan masyarakat agar desa wisata tersebut  berjalan lancar dan tanpa hambatan.

Desa Cisadon yang berada di Kabupaten Bogor ini terletak di lembah sebuah gugusan perbukitan didukung dengan keadaan alamnya yang masih asri  membuat  pengunjung yang datang berkunjung ke desa ini, motivasi utamanya adalah untuk berolahraga, berpetualang, dan trabas, pengunjung yang datang tidak hanya berasal dari dalam negeri tetapi ada juga yang berasal dari luar negeri yaitu Korea Selatan,  karena saya sedikit berinteraksi dengan mereka meskipun hanya sekedar menyapa, bahkan di Desa Cisadon terdapat sebuah keran air  yang bertuliskan bahasa Korea dan Indonesia  yang menandakan bahwa adanya kerja sama antar dua negara tersebut sehingga tidak heran ditemukan pengunjung yang berasal dari Korea Selatan.

Keran Air Berlogo Bendera Korea Selatan dan Indonesia. Sumber: Foto Pribadi
Keran Air Berlogo Bendera Korea Selatan dan Indonesia. Sumber: Foto Pribadi

Untuk atraksi yang ditawarkan di desa ini adalah berupa keindahan alamnya, karena sejauh kaki melangkah selama hiking ataupun membawa kendaraan offroad kita akan disuguhi oleh pemadangan tebing, pepohonan,aliran air dan danau buatan,perjalanan hiking dari tempat parkir kendaraan menuju Desa Cisadon kurang lebih sejauh 5 km dengan jarak tempuh sekitarr 40-60 menit tegantung dengan kondisi tubuh dan kekuatan pengunjung, selain dapat melihat keindahan alamnya di Desa Cisadon juga kita bisa melihat adanya perkebunan kopi milik warga dan melihat proses pengelolaannya secara langsung, kemudian di desa terdapat papan informasi yang menjelaskan destinasi wisata yang ada di sekitar Desa Cisadon dengan berjalan kaki ataupun kendaraan off road misalnya ada Curug Love, Gunung Paseban, Gunung Malang dan lain-lain.

View Gunung Salak dan Kota Bogor. Sumber: Foto Pribadi
View Gunung Salak dan Kota Bogor. Sumber: Foto Pribadi
View Perbukitan. Sumber: Foto Pribadi
View Perbukitan. Sumber: Foto Pribadi

View Lembah. Sumber:Foto Pribadi
View Lembah. Sumber:Foto Pribadi
Danau Buatan. Sumber: Foto Pribadi
Danau Buatan. Sumber: Foto Pribadi
Proses Penggilingan dan Penjemuran Biji Kopi. Sumber: Foto Pribadi
Proses Penggilingan dan Penjemuran Biji Kopi. Sumber: Foto Pribadi

Papan Informasi Tentang Destinasi Wisata di Sekitar Desa Cisadon. Sumber: Foto Pribadi
Papan Informasi Tentang Destinasi Wisata di Sekitar Desa Cisadon. Sumber: Foto Pribadi

Kemudian amenitas atau fasilitas yang tersedia di Desa Cisadon adalah warung makanan yang memiliki berbagai menu baik makanan berat maupun ringan, toilet umum yang tersedia cukup baik hanya perlu diperbaiki agar lebih nyaman dan aman saat digunakan oleh pengunjung, ada masjid juga yang letaknya berada di tengah desa, untuk penginapan berupa homestay sepertinya belum tersedia di Desa Cisadon namun beberapa penginapan baik yang berkonsep konvensional dan glamping tersedia di sepanjang jalur menuju Desa Cisadon jadi para pengunjung yang ingin lebih lama berada di sekitar Desa Cisadon tidak perlu khawatir untuk menginap dimana. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan