Abuzakir Ahmad Zacky
Abuzakir Ahmad Zacky Wartawan

Memburu berita, mengabadikan setiap moment, bertemu banyak orang, menyaksikan berbagai tragedi, dan mencatatkan berbagai kenangan. Begitulah caraku menikmati hidup ini. Wartawan adalah panggilan jiwaku, kupersembahkan jiwa raga ini demi runtuhnya kedhaliman penguasa. Wartawan memanggilku dengan ketulusanku dalam secuil harapan. Fotographer dan sekaligus Reporter menjadi makananku sehari-hari. Hingga meraih prestasi menjadi penulis terbaik pada lomba menulis pocari sweet ‘Teater 24 jam’ oleh MURI (2005) bersama Metro TV, Prambor Radio, (elektronik) Sinar Harapan, Metro Pos dan Majalah Sunter (cetak). Bidikan kamera yang setiap saat menembus batas pun menjadi saksi meraih juara 1 lomba Foto Destinasi wisata posisir Jakarta Utara (Ultah DKI 2013). Salam Kompasianer! 2013 berkah menyertai semuanya, Amin....

Selanjutnya

Tutup

Jakarta

Wujudkan Kampung Betawi, Warga Paseban Siap Sambut Anis Baswedan Akhir Maret 2018

13 Maret 2018   20:40 Diperbarui: 13 Maret 2018   20:52 725 0 0
Wujudkan Kampung Betawi, Warga Paseban Siap Sambut Anis Baswedan Akhir Maret 2018
Arie Priyanto (kedua kiri) dan Edy Trisnawan (tengah) dikantor RW 01, Jalan Lontar, Kelurahan Paseban, Salemba Jakarta Pusat. Foto/Komps.

KOMPASIANA. JAKARTA. Gubernur DKI Anies Rasyid  Baswedan direncanakan akan meresmikan kantor RW 01 Jalan Lontar, Kelurahan Paseban, Salemba Jakarta Pusat pada tanggal 31 Maret  2018. Acara peresmian tersebut sekaligus pelantikan Ketua RW baru Arie Priyanto, SE.

"Kami warga kelurahan Paseban sudah siap menyambut Gubernur dengan nuansa adat Betawi, "ujar Arie Priyanto ketua RW 01 pada Kompasiana, usai acara 7 hari meninggalnya, Mia Damayanti, istri Ketua Pemuda Panca Marga Ir. Iedfil Jaya Anwar (IJA), Minggu 7 Maret 2018.

Jabatan Ketua RW yang diamanahkan warga pada lelaki kelahiran Jakarta 1 April 1973 itu, akan dia tekuni dengan baik demi untuk membangun wilayah, merapikan kampung untuk meneruskan pekerjaan dari RW sebelumnya, Rizal.

"Alhamdulillah, Perda-Perda ternyata ada. Perda tentang  pengembangan wilayah yakni pelestarian budaya Betawi. Ikon Betawi ini kita kentalkan di kampung, RW 01, "tambahnya.

Salah satu budaya yang dikentalkan atau diutamakan yakni membangun suatu ornamen ciri khas Betawi. Kebetulan, kantor RW moment yang paling tepat sebagai tempat pelayanan warga dengan ornamen Betawinya.

Menampilkan ornamen budaya Betawi, tentu, kata dia, Pertama, menjadi kebanggaan bagi warga Jakarta terutama suku Betawi, yakni  mempunyai suatu rumah "Tempo Doeloe".

Kedua, zaman digital "gadget" akses untuk memviralkan foto atau vidio yang akan dilengkapi oleh beberapa timnya. Dimana kantor RW yang berbentuk budaya Betawi itu menjadi tempat untuk buat dokumen atau berselfie ria.

Disamping itu program lainnya, yakni RW 01 juga siap menyambut perayaan olah raga tingkat Asia, Asia Games dengan menampilkan budaya Betawi.

Pihaknya sengaja menampilkan budaya Betawi karena ada tamu-tamu dari luar negeri yang  sudah booking Hotel Acasia yang tidak jauh dari kelurahan Paseban.

"Kami berharap tamu-tamu tersebut bisa hadir di kampung kami. Bisa memakai pakaian adat Betawi dan lain-lain, lalu mereka mendokumentasikan dan langsung diviralkan lewat media sosial, "tuturnya.

Menurutnya, seni budaya Betawi semuanya bagus untuk ditampilkan saat penyambutan Gubernur Anies Baswedan. Namun untuk sementara, kata Arie, terkonsentrasi ke ornamen Betawinya dulu. Seperti, rumah adat Betawi.

Jadi, dengan ornamen itu, secara tidak langsung pandangan mata pengunjung tertuju ke bangunan itu, bahwa ternyata masih ada rumah Betawi, kantor RW bernuansa rumah Betawi yang menjadi magnet, daya tariknya cukup kuat.

"Insya Allah ornamen-ornamen Betawi itu hadir di setiap gang, namun tidak  mengesampingkan kuliner khas Betawi, Terkait  kuliner, kami masih perlu sharing atau petunjuk, "ungkapnya.

Munculnya adat Betawi  di zaman  kepemimpinan Anies Baswedan tentu  menjadi daya tarik tersendiri, menjadi magnit untuk membangkitkan seni budaya Betawi. Oleh karena itu Arie merasa bangga jika kampungnya memiliki adat yang bernuansa Betawi.

Budaya Betawi bangkit kembali, asalkan dilakukan dengan kekuatan bersama terutama sinergi, stakeholder saling membantu baik ditingkat RT, RW, LMK.

"Jadi saya optimis untuk menata budaya Betawi ini. Terus terang kita tetap komitmen. Dengan komitmem Insya Allah semuanya diringankan, "katanya.

Maka dari itu, Arie berharap pada  pemerintah untuk meminta pencerahan, masukan apa saja yang ada di item-item Pemda DKI untuk dikembangkan di kelurahan Paseban.

Disamping itu, Pemda memberikan kesempatan pada warga Paseban untuk mengembangkan, meningkatkan kuliner khas Betawi di wilayahnya. Sebab, dirinya sudah mempersiapkan SDM, seperti  jumlah ibu PKK yang mencapai 153 orang. Jumlah itu suatu aset yang menjadi  kekuatan dari ibu-ibu pengajian.

Diakui, Arie dan tokoh masyarakat Paseban tidak mengetahui pos-pos di Pemda terutama berkaitan dengan peningkatan SDM, sehingga mereka melakukan dengan swadaya saja.

Warga DKI juga diharapkan agar memberikan kontribusinya untuk pembangunan DKI Jakarta dan meminta warga diwilayah RW 01 Paseban memiliki  kesadaran yang tinggi dalam menjaga keamanan dan kebersihan lingkungannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2