Mohon tunggu...
Abu Tajir
Abu Tajir Mohon Tunggu... Bakul buku

Bakul buku yang hobi duit, nulis dan mengolah manusia

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Etika Komunikasi Itu Penting

23 Juli 2019   09:42 Diperbarui: 23 Juli 2019   09:43 0 1 1 Mohon Tunggu...

Komunikasi itu jika diartikan sebagai interaksi, maka ia tak bebas nilai. karena dalam tiap interaksi itu ada pembahasan berbagai problem etis, keyakinan, budaya, ideologi, agama. intinya ada pembahasan yang berangkat dari dan tentang suatu nilai.

Dialektika nilai itu terjadi pada semua tingkat komunikasi, mulai dari komunikasi antar pribadi, kelompok sampai massa.

Supaya komunikasi di tiap tingkat bisa efektif dan efisien, setiap pesertanya harus sadar dan berpegang pada etika terkait. idealnya begitu.

Etika komunikasi itu sangat penting, terutama di zaman internet ini, di zaman kita hidup sekarang. tantangan, masalah, problem terus bertambah seiring liarnya penyebaran informasi.

Penanaman etika komunikasi pada masyarakat luas tidak bisa instan, tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah. semua harus berperan, harus ada inisiatif untuk bergerak.

Dapat ditambahkan pula pendidikan metode penyaringan, klasifikasi dan tafsir informasi.

Itu semua amat berguna untuk meng-counter hoax, berita provokatif dan propaganda pihak-pihak yang punya kepentingan negatif.

Sarana belajar mandiri, baik berbayar ataupun gratis sudah sangat banyak.

Mari bergerak!

*tulisan ini adalah catatan dan tambahan oleh saya yang diambil dari buku "lidah tak bertulang; sketsa etika komunikasi dalam kehidupan sehari-hari" karya edi santoso.