Mohon tunggu...
Abram Henry Julius
Abram Henry Julius Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UTA'45

Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Partisipasi Kelompok Swadaya Bhumi Phala Dalam Kegiatan Abdi Masyarakat

31 Agustus 2021   00:57 Diperbarui: 31 Agustus 2021   14:44 100 0 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta - Semenjak diumumkannya kasus pertama yang terkonfirmasi pada Maret 2020 di Indonesia, Pemerintah telah menyatakan bahwa pandemi Covid-19 sebagai bencana non-alam yang datang di Indonesia. 

Pada jangka waktu satu bulan, seluruh provinsi yang ada di Indonesia telah melaporkan kasus positif yang terkonfirmasi berada di Indonesia. Penyebaran virus Covid-19 ini tidak hanya terjadi di DKI Jakarta saja yang menjadi kota terpadat di Indonesia, namun telah menyebar hingga ke pelosok negeri hingga tempat-tempat terpencil. 

Sudah hampir dua tahun Covid-19 hinggap di Indonesia. Sudah berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia demi memutuskan rantai penyebaran Covid-19 yang ada di Indonesia. 

Upaya tersebut mulai dari pemberlakuan "New Normal" hingga "Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat di Indonesia" atau yang bisa disebut PPKM. Bahkan masyarakat Indonesia sudah merasa tidak peduli akan Covid-19. Bahkan sudah banyak masyarakat yang menyesuaikan diri dengan lingkungan di masa pandemi Covid-19.

Demi membantu pemerintah Indonesia dalam menangani pandemi Covid-19 ini, Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta berinisiatif untuk melakukan berbagai kegiatan abdi masyarakat. Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta membagi kumpulan mahasiswa/i menjadi beberapa kelompok untuk memudahkan kegiatan dalam membantu memutuskan rantai Covid-19. 

Salah satu dari kelompok tersebut adalah kelompok XII Swadaya Bhumi Phala. Kelompok Swadaya Bhumi Phala terdiri dari 21 mahasiswa\i yang berasal dari berbagai program studi yang ada di UTA'45 Jakarta. Program studi tersebut terdiri dari Ilmu Komunikasi, Ilmu Pemerintahan, Akutansi, Hubungan Internasional, dan Farmasi. Kelompok Swadaya Bhumi Phala didampingi langsung oleh Ibu Lukiyana ,S.E.M.M selaku Ibu Dosen Pembimbing KKN Kelompok Swadaya Bhumi Phala beserta ditemani oleh koordinator Bapak Samsul Ode, S.IP.,M.Si.

Kegiatan abdi masyarakat yang diselenggarakan oleh Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta tersebut dibuka pada tanggal 9 Juli 2021 oleh Bapak Rajes-Khan selaku Rektok dari UTA'45 Jakarta. Kegiatan abdi masyarakat ini meliputi dari lima kegiatan yang diikuti oleh kelompok Swadaya Bhumi Phala yang diselenggarakan dengan cara virtual maupun langsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. 

Kegiatan tersebut meliputi.

1. Kegiatan Vaksinasi di Sentra UTA'45 Jakarta


Sentra UTA'45 Jakarta melaksanakan kegiatan vaksinasi yang berlangsung selama dua tahap. Kegiatan Vaksinasi ini merupkan kegiatan project kemanusiaan yang diselenggarakan oleh Sentra UTA'45 Jakarta. Tahap pertama diselenggarakan pada tanggal 21-30 Juni 2021 dan tahap kedua dilaksanakan pada akhir Juli 2021. Kegiatan vaksinasi yang diadakan oleh Sentra UTA'45 Jakarta adalah sebuah kegiatan project kemanusian yang diwajibkan untuk dihadiri oleh dosen dan mahasiswa kampus 17 Agustus 1945 Jakarta. Kegiatan vaksinasi ini tentunya dibuka tidak hanya lingkungan kampus melainkan untuk masyarakat umum dengan membawa persyaratan membawa KTP, berusia genap minimal 18 tahun, tidak sedang hamil, kemudian pendaftaran secara online. Masyarakat sangat antusias saat mendaftar demi mendapatkan vaksin secara gratis ini yang diadakan oleh kampus UTA'45 Jakarta.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan