Mohon tunggu...
Adrian BintangSetiadi
Adrian BintangSetiadi Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Bernyanyi dan bermusik

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal

Banjir Menyebabkan Kemacetan Lalu Lintas di Jalan Swadarma Raya Jakarta Selatan

4 Desember 2022   17:58 Diperbarui: 6 Desember 2022   14:23 212
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
kemacetan panjang yang disebabkan oleh banjir  dijalan swadarma (dokpri)

Adrian Bintang Setiadi - 220900025

Mahasiswa Ilmu Komunikasi -- Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Satya Negara Indonesia tahun 2022

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda sebagian besar wilayah DKI Jakarta sejak Sabtu (28/11/2022) sore hingga malam kemarin menyisakan genangan di sejumlah titik. Tercatat 6 jalan di Swadarma yaitu Swadarma 1 hingga swadarma utara 6 dan jalan Palem VIII  di sepanjang jalan swadarma raya yang ditutup aksesnya akibat tingginya genangan air yang diperkirakan mencapai tinggi 90cm.

Banjir dipicu oleh naiknya ketinggian  muka air di beberapa pos. Dilaporkan, hujan pada Sabtu kemarin menyebabkan kenaikan status Bendung Katulampa menjadi Siaga 3 (Waspada), Pos Depok Siaga 3 (Waspada), Pos Angke Hulu Siaga 2 (Siaga), Pos Sunter Hulu Siaga 3 (Waspada), dan Pintu Air Manggarai Siaga 3 (Waspada).

Arus lalu lintas di jalan Jl. Swadarma mengalami kemacetan panjang akibat genangan tersebut, banyak pengendara motor yang putar arah saat melewati jalan tersebut, tak hanya itu beberapa kendaraan bermotor yang nekat menerobos genangan pun harus mengalami mati mesin.

Menurut Andriyanto (pengendara mobil), banjir yang merendam Jl. Swadarma itu membuat dirinya terjebak dan tidak bisa bergerak maju sekitar 30 menit. Sampai akhirnya Andriyanto dan pengendara lainnya dapat melaju secara perlahan menerobos banjir dengan ketinggian yang diperkirakan 90 cm di jalan tersebut.

"tadi saya terjebak macet sekitar 30 menit nggak gerak di jalanan sini, enggak jalan -- jalan. Jalur ini memang langganan macet, karena banyak ojol, dan juga jam -- jam orang pada pulang kerja, ditambah lagi hujan dan banjir" ungkap Andriyanto.

Sebagai upaya penanganan, BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para warga setempat. Banjir dan genangan ditargetkan bisa surut dalam waktu cepat.

 (dokpri)
 (dokpri)

"BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan. Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam nonstop," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji dalam rilis resminya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun