Mohon tunggu...
Fesyen

Tips Merawat Sepatu Kulit Jenis Full Grain Leather

10 Mei 2019   20:28 Diperbarui: 10 Mei 2019   20:39 0 2 0 Mohon Tunggu...

Sepatu kulit adalah salah satu jenis fesyen sangat mendasar yang memengaruhi penampilan pria.  Sepatu kulit digunakan untuk pekerjaan formal dan acara resmi. Sepatu kulit awet dan tahan lama tentu memiliki jenisnya. Jenis sepatu kuli awet dan tahan lama adalah sepatu kulit jenis full grain leather karena sepatu kulit ini memiliki bahan otentik dengan karakteristik kulit alami. 

Jenis bahan kulit alami ini berasal dari kulit domba, sapi, atau kuda tanpa campuran bahan sintesis kimia. Sepatu kulit ini juga menggunakan pewarnaan alami seperti pewarna nabati analin sehingga sepatu kulit jenis ini memiliki harga mahal sesuai dengan kualitas sudah terbukti di pasaran. 

Sepatu kulit jenis ini tidak hanya dapat diperoleh dari luar negeri tapi bisa diperoleh dari dalam negeri seperti dari Garut sebagai salah satu produsen sepatu kulit terbaik. Meskipun awet dan tahan lama, perawatan sepatu jenis ini harus dilakukan agar permukaan sepatu terlihat keren dan bersih.

Proses perawatan sepatu kulit jenis full grain leather diawali dengan permukaan bagian bawah bisa disikat dengan air hangat untuk membersihakan serpihan tanah yang melekat sedangkan untuk membersihkan permukaan sepatu dengan cara diusap oleh kain yang telah dicelupkan pada air hangat. Apabila permukaan sepatu disikat tentunya dapat membuat goresan-goresan tidak menarik. 

Untuk menghindari sepatu kulit kering dan retak, sepatu harus dijemur secara tidak langsung dari sinar matahari. Selajutnya, Untuk mengeringkan bagian dalam sepatu bisa digunakan gumpalan kain kering atau koran kering dan mengangin-anginkannya. 

Setelah itu, permukaan sepatu dioles menggunakan semir padat atau cair untuk menjaga kelembapan sepatu dan warna tetap hitam mengkilap sedangkan apabila sepatu berwarna selain hitam bisa menggunakan kondisioner kulit. Terakhir, Penyimpanan sepatu yang benar dengan menggunakan pengganjal khusus sepatu untuk mempertahankan bentuk sepatu ketika tidak digunakan relatif lama.

Perawatan sepatu kulit jenis full grain leather tidak sulit dan tidak membutuhkan banyak waktu untuk memperoleh tampilan sepatu kulit ini yang keren dan memukau sehingga proses perawatan bisa dilakukan diakhir pekan tanpa  perlu membawa sepatu ke jasa perawatan sepatu kulit profesional. Demikian proses perawatan sepatu kulit jenis full grain leather dengan teknik khusus.

Penulis Abdurrofi Abdullah Azzam

Editor Rifky Nawfal

KONTEN MENARIK LAINNYA
x