Mohon tunggu...
Abdul Wahid
Abdul Wahid Mohon Tunggu... Dosen Fakultas Hukum Universitas Islam Malang

Dosen Fakultas Hukum Universitas Islam Malang dan Penulis sejumlah buku

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Banggakah Anda Jadi Orang Indonesia?

13 September 2020   14:54 Diperbarui: 13 September 2020   15:10 147 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Banggakah Anda Jadi Orang Indonesia?
sumber : https://indonesiana.tempo.co via hipwee.com

Oleh: Abdul Wahid

Ada dialog menarik yang perlu dijadikan refleksi:  "anda dari mana?', tanya  seseorang memulai percakapan kepada teman duduk di sampingnya yang kebetulan satu pesawat menuju negara lain (saat baru awal-awalnya Covid-19 mengisi pergulatan dunia).

"Dari Indonesia", jawab orang yang ditanya.

"Apa anda bangga sebagai orang Indonesia?" Tanya orang asing itu lagi.

"Tentu saja, Indonesia adalah negara saya. Dalam kondisi bagaimanapun, Indonesia merupakan bagian hidup saya", jawab orang ini sambil meletakkan Koran yang dibacanya. Orang Indonesia ini mulai tertarik dan tertantang untuk berdialog lebih lanjut mengenai Indonesia.

"Mengapa anda bangga menjadi orang Indonesia?" kejar orang ini sambil menyelidik atau menguji tingkat nasionalisme kawan di sampingnya itu.

"Banyak hal yang membuat saya bangga menjadi orang Indonesia. Tetapi satu hal yang perlu saya tunjukkan pada anda, bahwa mencintai negara sendiri itu bagian dari iman, ekspresi dan manifestasi perbuatan yang sudah diajarkan oleh agama", jawab orang Indonesia ini mencoba memberikan jawaban kunci.

"Ada alasan lain (selain ajaran agama) yang  membuat anda bangga, mencintai, dan menghormati Indonesia"?

"Tentu saja,  meski alasan yang saya kemukakan ini juga bersumber dari agama".

"Apa bisa dijelaskan lebih konkrit"?

"Tuhan telah memberikan karunia yang sangat banyak dan bermacam-macam bagi Indonesia, seperti kekayaan yang melimpah. Ibaratnya. di negara ini,   apapun yang dilempar bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.  Masyarakat bisa memanfaatkan karuniaNya ini  untuk menopang dan menjaga keberlanjutan hidupnya". Kita banyak punya hutan, sumberdaya laut, sumberdaya bumi, dan lain sebagainya, yang secara  ekonomi nilainya sangat besar, kawan Indonesia ini mencoba menunjukkan dan membanggakan sebagian yang dimiliki negeri ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x