Mohon tunggu...
Abdul Rozaq Jack
Abdul Rozaq Jack Mohon Tunggu... Mahasiswa - panggil saja Jack

panggil saja Jack

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pentingnya Memanfaatkan Media Teknologi di Masa Pandemi Covid 19

21 September 2021   14:41 Diperbarui: 21 September 2021   14:44 84 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pentingnya Memanfaatkan Media Teknologi di Masa Pandemi Covid 19
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Suatu pembelajaran atau belajar merupakan hal yang kompleks dan pasti di lalui oleh manusia. baik secara langsung maupun tidak langsung. Dan dikatakan belajar apabila ada suatu komunikasi atau interaksi antara satu dengan yang lainnya, atau bahkan belajar dari lingkungan sekitar. Oleh karena itu belajar dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.

            Sebagaimana telah kita ketahui bahwa saat ini kita atau bahkan di seluruh dunia sedang mengalami pandemi covid 19, berbeda dengan kondisi sebelum pandemi. Saat ini kita dipaksa untuk belajar di rumah tanpa adanya interaksi dan memaksa bagi setiap pengajar dan pelajar untuk "bisa" meningkatkan kemampuannya di bidang teknologi. Media teknologi sangat berperan penting bagi segala aspek, tidak hanya dalam bidang pendidikan, tetapi ekonomi, agama, kebersamaan, kebudayaan dan tentu masiih banyak lagi. disamping itu mahasiswa, dosen dan sivitas akademika lainnya mulai melangsungkan berbagai kegiatan perkuliahan pada pertengahan Maret seluruh jenjang studi dilaksanakan secara daring melalui beberapa media online (daring) yang telah tersedia seperti Google meet, zoom, dan lain sebagainya. Namun, tidak sedikit pula mahasiswa yang mengeluh karena keterbatasan koneksi internet.

Menarik untuk dibahas karena pembelajaran secara daring ini baru pertama kali dilakukan dalam sejarah dunia dalam jangka waktu cukup lama. Fenomena ini tentu memaksa mahasisa, siswa, ataupun pendidik untuk beradaptasi dengan pembelajaran online atau jarak jauh. Pemanfaatan media teknologi begitu luar biasa dalam proses pembelajaran secara daring sebagai alternatif mahasiswa dan dosen dalam melaksanakan kuliah online, Tidak sampai disitu penting nya media teknologi menuntut kita untuk meningkatkan penyerapan teknologi dalam pendidikan. Melalui pemanfaatan teknologi informasi dengan menggunakan perangkat HP, komputer, laptop/pc ini bertujuan untuk memenuhi standard pendidikan dan tetap saling terhubung antara mahasiswa dan dosen.

Internet yang tidak dibatasi jarak dan waktu membuat pembelajaran dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, hal ini tentu menjadi poin tersendiri bagi  sisi positis internet. penggunaan internet sebagai sarana belajar dapat memberikan dampak yang positif dalam penggunaan internet dengan peran para pendidik dalam pengelolahannya agar pembelajaran dapat terlaksana dengan efektif.

Selain manfaat dalam bidang pendidikan salah satunya bidang ekonomi, yaitu bagi pedagang atau semua orang. Media sosial dalam teknologi informasi semakin banyak jenisnya.  Ada yang berbasis forum, ada yang berbasis chat maupun berbasis timeline.

Berdasarkan jumlah masyarakat yang aktif dalam media sosial, didapatkan tiga peringkat teratas dalam penggunaan media sosial. Ketiga media sosial tersebut adalah Facebook Twitter dan Instagram. Media sosial tersebut adalah media sosial dominan yang dipakai oleh masyarakat Indonesia dan ketiga media sosial tersebut menjadi topik utama dalam kegiatan pengabdian ini (Pratiwi & Bungin,2018).  Facebook adalah media sosial paling populer di Indonesia dimana
jumlah penduduk Indonesia yang memanfaatkan Facebook sebanyak
80 juta jiwa. Facebook didirikan di Amerika Serikat oleh Mark
Zuckerberg dan mempunyai anggota aktif lebih dari 2,17 miliar orang.
Masyarakat Indonesia yang menggunakan Facebook didominasi oleh

kalangan muda yang memanfaatkan smartphone untuk mengakses
Facebook. Beragamnya fitur dapat dimanfaatkan oleh para pebisnis  UMKM untuk memasarkan barang dagangannya, terutama Group jual beli dan fanpage yang digunakan untuk berjualan. Grup jual beli suatu barang pastinya sudah banyak tetapi dibutuhkan klasifikasi yang mendalam dan strategi dalam mem-posting setiap item barang dagangannya. Cara pemasaran barang dan jasa secara fisik atau konvensional berbeda dengan pemasaran yang memanfaatkan media
sosial.

Ditulis :

Oleh : Abdul Rozaq

NIM : 18.11.00113

Anggota KKN MDR DWINAWA IPMAFA 2021

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan