Mohon tunggu...
Abdulloh Zubayri
Abdulloh Zubayri Mohon Tunggu... Apapun Yang Terjadi Tetaplah Bersyukur.

Mahasiswa STIAMAK BARUNAWATI Surabaya Kuliah - Kerja - Riding

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Pesona Wisata Negeri di Atas Awan

17 Oktober 2020   06:30 Diperbarui: 21 Oktober 2020   09:52 408 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pesona Wisata Negeri di Atas Awan
Puncak P30 TNBTS Probolinggo (dokumen pribadi)

 

P30. Wisata negeri di atas awan yang terletak di kawasan wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Kab Probolinggo ini banyak yang sudah tahu tentunya, khususnya bagi warga Jawa Timur. 

Wisata puncak bukit yang berhimpitan dengan dua gunung populer yaitu gunung Bromo dan gunung Semeru ini cukup banyak diminati oleh wisatawan loh, terlebih view yang sangat epik berlatar belakang gumpalan awan yang memanjakan mata, yang akan membuatmu seolah-olah berada di puncak tertinggi di atas awan.

Puncak P30 TNBTS Probolinggo (dokumen pribadi)
Puncak P30 TNBTS Probolinggo (dokumen pribadi)

Puncak yang berada 3.000 meter di atas permukaan laut ini, menjadi salah satu pilihan bagi pemburu view anti mainstream. Bagaimana tidak , di sisi timur puncak P30 ini kita bisa melihat view pemandangan gunung Raung, Lemongan dan Argopuro. Sedangkan di sisi lain tepatnya sisi selatan kita bisa melihat pesona puncak tertinggi Pulau Jawa yaitu gunung Semeru (3.676 mdpl) dengan balutan samudra awan yang begitu indah. 

Nah, jika kamu ingin berkunjung ke Puncak P30 ini, kamu bisa menyimak beberapa tips dan saran dari saya, semoga tips dan saran yang saya berikan bisa menjadi informasi yang berguna sebelum kamu berkunjung ke sana.

RUTE PERJALANAN

Hal yang pertama kalian persiapkan adalah pemilihan rute. Karena untuk menuju ke puncak P30 ini terdapat 2 jalur pintu masuk yaitu di Kab. Probolinggo dan Kab. Lumajang. 

Jika kamu berangkat dari Kota Surabaya dan sekitarnya, alangkah lebih efisien jika melewati jalur pintu masuk yang berada di Kab. Probolinggo. Karena menurut pengalaman saya, cuma butuh 2 jam menuju ke pintu masuk, dan 1 jam 30 menit dari pintu masuk menuju ke puncak P30.

KENDARAAN

Jalur menuju ke puncak P30 hanya bisa ditempuh menggunakan kendaraan bermotor, atau jika kamu ingin yang lebih menantang kamu bisa jalan kaki. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x