Mohon tunggu...
Abdul Hafiz
Abdul Hafiz Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Anak rantau melayu

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Media Dalam Pembelajaran Menurut Islam

21 September 2021   03:15 Diperbarui: 21 September 2021   03:38 81 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Media Dalam Pembelajaran Menurut Islam
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Mayoritas dalam benak pikiran kita, ketika dihadapkan dengan komponen kegiatan pembelajaran adalah pengajar, peserta, dan pelajaran yang diajarkan. Padahal, ada komponen penting selain yang tiga tadi yaitu, media.

Pengajar pasti menggunakan yang namanya media dalam pengajarannya, agar apa yang disampaikan dan diajarakan olehnya dapat dengan mudah diterima dan dikonsumsi oleh peserta didiknya. Maka dari itu, ada baiknya kita memulai dengan mencari tahu dahulu dari pengertian media pembelajaran.

  • Apa itu media pembelajaran?

Media pembelajaran mempunyai definisi secara luas dan sempit. Adapun lingkup luasnya, media pembelajaran ialah setiap peristiwa, materi, serta orang yang memberikan kesempatan pada peserta didik agar mendapatkan pengetahuan, skill, serta sikap. Sedangkan definisi sempitnya ialah sarana selain  manusia yang digunakan oleh pengajar yang mempunyai peranan pada proses belajar mengajar agar mencapai tujuan.

Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran merupakan sarana atau alat bantu yang diposisikan sebagai perantara yang bertugas untuk menyampaikan pesan dan informasi berupa ilmu pengetahuan dari asal sumber ke penerima pesan yaitu peserta didik guna mencapai tujuan pembelajaran.

  • Media pembelajaran dalam perspektif Islam

Dalam Islam, media juga digunakan sebagai penghubung untuk menyampaikan apa yang menjadi pesan oleh Allah Swt.

  • Media pembelajaran audio

Media pembelajaran audio ialah media yang hanya bisa didengar, berupa suara dengan berbagai alat penyampai suara baik berasal dari manusia ataupun immanusia. Terdapat beberapa ayat yang memberikan penjelasan adanya media pembelajaran audio di dalam al-Qur’an, yaitu: 1). Kata lain yang mengisyaratkan penggunaan media audio adalah menjelaskan (asal kata kerja “jelas”), di antaranya terdapat dalam surah Al- An’am (6); 97 dan 165, At-Taubah (9); 11, 2). Kata lain yang mengisyaratkan penggunaan media audio adalah ceritakan (asal kata “cerita”), di antaranya terdapat dalam surah Al-Baqarah (2); 76, Yusuf (12); 5.

Dari kata kerja “menjelaskan, dan ceritakan”, di atas tentunya akan menimbulkan bunyi atau suara sehingga dapat dipahami apa isi yang disampaikan, dan mungkin juga terdapat guru yang menyampaikan bahan pembelajaran dengan hanya membacakan buku/kitab yang dijadikan rujukan dalam suatu pembelajaran. Namun yang lebih ditekankan dari kata menjelaskan, dan ceritakan adalah timbulnya suara yang dapat menyampaikan bahan pembelajaran.

  • Media pembelajaran visual

Media pembelajaran visual seperangkat alat penyalur pesan dalam pembelajaran yang dapat ditangkap melalui indera penglihatan tanpa adanya suara dari alat tersebut. seperti dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah (2) 31.

Dari ayat tersebut Allah mengajarkan kepada Nabi Adam a.s. nama- nama benda seluruhnya yang ada di bumi, Kemudian Allah memerintahkan kepada malaikat untuk menyebutkannya, yang sebenarnya belum diketahui oleh para malaikat. Benda-benda yang disebutkan oleh Nabi Adam a.s. diperintahkan oleh Allah swt. tentunya telah diberikan gambaran bentuknya oleh Allah swt.

  • Media pembelajaran berbasis teknologi

Cikal bakal tentang penggunaan teknologi dalam komunikasi termasuk komunikasi dalam pembelajaran. Hal ini diungkapkan dalam surah An-Naml (27) 29 – 30, yaitu tentang cerita Nabi Sulaiman dan Ratu Balkis.

Dalam Tafsir Jalalain, disebutkan bahwa ("Pergilah membawa surahku ini, lalu jatuhkan kepada mereka) kepada ratu Balqis dan kaumnya (kemudian berpalinglah) pergilah (dari mereka) dengan tidak terlalu jauh dari mereka (lalu perhatikanlah apa yang mereka bicarakan.") yakni, jawaban atau reaksi apakah yang bakal mereka lakukan. Kemudian burung Hud-hud membawa surat itu lalu mendatangi ratu Balqis yang pada waktu itu berada di tengah-tengah bala tentaranya. Kemudian burung Hud-hud menjatuhkan surah Nabi Sulaiman itu ke pangkuannya. Ketika ratu Balqis membaca surah tersebut, tubuhnya gemetar dan lemas karena takut, kemudian ia memikirkan isi surah tersebut.

Selanjutnya (Ia berkata) yakni ratu Balqis kepada pemuka kaumnya, (Hai pembesar-pembesar! Sesungguhnya aku) dapat dibaca Al Mala-u Inni dan Al Mala-u winni, yakni bacaan secara Tahqiq dan Tas-hil (telah dijatuhkan kepadaku sebuah surah yang mulia) yakni surah yang berstempel.

(Sesungguhnya surat itu dari Sulaiman dan sesungguhnya isinya) kandungan isi surat itu, (Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang) (Jalaluddin Asy-Syuyuthi & Jalaluddin Muhammad Ibn Ahmad Al-Mahalliy, 2009).

Dari potongan cerita Nabi Sulaiman dan Ratu Balqis tersebut terjadi teknologi komunikasi yang canggih pada masa itu, Nabi Sulaiman menggunakan burung Hud-Hud untuk menyampaikan pesan dalam bentuk surat yang disampaikan kepada Ratu Balqis, sehingga yang disampaikan dapat terima dengan baik sampai pada tujuan yang dikehendaki. Bahkan Nabi Sulaiman telah memperlihatkan teknologi yang canggih di istananya, yang Allah Swt. abadikan pada ayat berikutnya, surah An-Naml (27) 44.

Dari penggalan tulisan tadi, dapat disimpulkan bahwa Media pembelajaran adalah seperangkat alat (materi) yang dapat menyampaikan pesan-pesan dalam proses belajar mengajar, dari penyampai pesan (pendidik) kepada penerima pesan (peserta didik) untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien. Landasan penggunaan media dalam pembelajaran harus dapat dilaksanakan dengan penuh bijaksana dan hikmah, agar pendidik dan peserta didik dapat menjalin komunikasi yang baik, sehingga tercipta suasana edukatif yang kondusif.

Media dalam pembelajaran dan pendidikan mempunyai persamaan dan perbedaan, persamaannya dilihat pada aspek material, dan bedanya dilihat pada aspek immaterial. Media pembelajaran dalam perspektif Al-Qur’an, dapat dipandang dan diklasifikasikan menjadi media audio, visual.

Media pembelajaran bermanfaat sebagai alat bantu atau sarana yang dijadikan sebagai perantara atau piranti komunikasi untuk menyampaikan pesan atau informasi berupa ilmu pengetahuan dari berbagai sumber ke penerima pesan atau informasi guna mencapai tujuan pembelajaran.

Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan