Menyusun Cerita Praktik Baik. Adanya Tujuan pembelajaran dan sub materi pokok. Adanya Situasi dan kondisi yang terdapat dimasalah. Adanya Latar Belakang suattu identifikasi permasalahan.Landasan Teori
Sehingga penulis merasa perlu untuk meningkatkan pemanfaatan model pembelajaran Problem Base Learning dalam pembelajaran yang akan bermanfaat untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik Praktik baik ini penting untuk dibagikan agar bisa menjadi inspirasi bagi para pendidik yang memiliki masalah yang sama dan sebagai motivasi bagi pembaca menuju keberhasilan damal proses belajar mengajar.Â
Tujuan PembelajaranÂ
Peran dan tanggungjawab saya dalam praktik baik ini adalah sebagai peneliti yang mengidentifikasi masalah kemudian mencari solusi dan melihat efektivitas dari solusi tersebut.
Adanya Tantangan seorang guru untuk mengatasi sebuah masalah dengan menggunakan rumusan identifikasi masalah. Membuat kompetensi pembelajaran tercapai. Untuk Aksi1. Guru menyampaikan kompetensi dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai 2. Guru dapat mengemukakan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh peserta didik dan setiap permasalahan yang mempunyai alternatif jawaban untuk solusi tersebut 3. Guru membentuk kelompok didalam proses pembelajaran.Â
Strategi
Bagaimana prosesnya: menyiapkan LKPD, menyiapkan RPP, Media ajar, Bahan ajar, Intrumen penilaian, kisi-kisi dan rubik penilaian dan lembar evaluasi. Dengan adanya Strategi guru maka, Refleksi Hasil dan dampak 1. Sebagian besar peserta didik menjadi lebih antusias dalam belajar 2. Kemampuan komunikasi dan interaksi peserta didik meningkat dengan adanya diskusi dan presentasi. 3. Kemampuan kerja sama kolaborasi peserta didik juga terlihat baik dalam menyelesaikan LKPD. 4.
Kemampuan berpikir kritis peserta didik terlihat pada saat mengidentifikasi masalah pada materi pelajaran. Keefektifitasan Strategi Hal ini terlihat ketika peserta didik aktif dalam berdiskusi perkelompok untuk menyelesaikan LKPD, Nilai Afektif, Psikomotorik dan Kognitif lebih siap, Mereka membagi tugas dan mengerjakan LKPD tugasnya dengan penuh tanggungjawab, dan Critical Thingking peserta didik dari hasil (PPT), Video,Media gambar dan Alat/bahan tercapai