Mohon tunggu...
ABDUL HADI SAPUTRA
ABDUL HADI SAPUTRA Mohon Tunggu... Guru - Guru

Model Pembelajaran Inovatif

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

"Best Practice" Kesimpulan dari Hasil Semua Kegiatan Rencana Evaluasi

9 Desember 2022   22:38 Diperbarui: 9 Desember 2022   23:15 1423
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menyusun Cerita Praktik Baik. Adanya Tujuan pembelajaran dan sub materi pokok. Adanya Situasi dan kondisi yang terdapat dimasalah. Adanya Latar Belakang suattu identifikasi permasalahan.Landasan Teori

Sehingga penulis merasa perlu untuk meningkatkan pemanfaatan model pembelajaran Problem Base Learning dalam pembelajaran yang akan bermanfaat untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik Praktik baik ini penting untuk dibagikan agar bisa menjadi inspirasi bagi para pendidik yang memiliki masalah yang sama dan sebagai motivasi bagi pembaca menuju keberhasilan damal proses belajar mengajar. 

Tujuan Pembelajaran 

Peran dan tanggungjawab saya dalam praktik baik ini adalah sebagai peneliti yang mengidentifikasi masalah kemudian mencari solusi dan melihat efektivitas dari solusi tersebut.

Adanya Tantangan seorang guru untuk mengatasi sebuah masalah dengan menggunakan rumusan identifikasi masalah. Membuat kompetensi pembelajaran tercapai. Untuk Aksi1. Guru menyampaikan kompetensi dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai 2. Guru dapat mengemukakan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh peserta didik dan setiap permasalahan yang mempunyai alternatif jawaban untuk solusi tersebut 3. Guru membentuk kelompok didalam proses pembelajaran. 

Strategi

Bagaimana prosesnya: menyiapkan LKPD, menyiapkan RPP, Media ajar, Bahan ajar, Intrumen penilaian, kisi-kisi dan rubik penilaian dan lembar evaluasi. Dengan adanya Strategi guru maka, Refleksi Hasil dan dampak 1. Sebagian besar peserta didik menjadi lebih antusias dalam belajar 2. Kemampuan komunikasi dan interaksi peserta didik meningkat dengan adanya diskusi dan presentasi. 3. Kemampuan kerja sama kolaborasi peserta didik juga terlihat baik dalam menyelesaikan LKPD. 4.

Kemampuan berpikir kritis peserta didik terlihat pada saat mengidentifikasi masalah pada materi pelajaran. Keefektifitasan Strategi Hal ini terlihat ketika peserta didik aktif dalam berdiskusi perkelompok untuk menyelesaikan LKPD, Nilai Afektif, Psikomotorik dan Kognitif lebih siap, Mereka membagi tugas dan mengerjakan LKPD tugasnya dengan penuh tanggungjawab, dan Critical Thingking peserta didik dari hasil (PPT), Video,Media gambar dan Alat/bahan tercapai

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun