Mohon tunggu...
Abdulah
Abdulah Mohon Tunggu... sedang belajar

Bisa disurati di abdulah0903@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Tekno Pilihan

Digital Journey Bank Masa Kini: "Duitmu" Dalam Genggamanmu

30 November 2017   23:01 Diperbarui: 30 November 2017   23:14 968 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Digital Journey Bank Masa Kini: "Duitmu" Dalam Genggamanmu
Sumber Gambar : https://www.danamon.co.id/id

"Saatnya Pegang Kendali"

Itulah kalimat pertama yang terpampang didepan mata saat saya membuka website danamon.co.id

Saya penasaran apa sebenarnya maksud kalimat takeline tersebut. Sebelum menjelajahi menu-menu yang ada, terlebih dahulu saya mengapresiasi usaha bank Danamon meremajakan websitenya. Mulai dari tampilannya yang begitu simple dan dinamis, serta warna yang nyaman di mata, eye catching!. Begitupun penataan menu-menu yang ada, sungguh rapi dan tak berserakan. Sesuai sekali dengan dunia digital saat ini, simple dan tak terlalu panjang. Slide gambar ibarat headline yang terus bergerak pun membuat tampilan terlihat hidup, layaknya situs-situs berita online.

Kembali ke rasa penasaran tentang sebenarnya apa maksud dari "Saatnya Pegang Kendali" itu. Mulailah saya menjelajah satu persatu menu yang ada. Karena memang sudah tertata dengan rapi, membuat saya sebagai pengunjung website tak kesulitan untuk melakukannya. Satu persatu menu yang terletak di bagian atas sebelah logo bank saya klik. Mulai dari menu Personal, Bisnis, E -Banking, Karir, dan Tentang Danamon. Semua Imformasi yang diharapkan dari masing-masing menu pun terpenuhi.

Selanjutnya, Di bagian kanan pada tampilan utama terdapat menu-menu tambahan yang sepertinya itu adalah menu 'taktis' yang diperlukan nasabah ketika ingin menggunkan layanan. Seperti menu Hubungi Kami, Kurs, D-point, E-Banking. Saat kita klik masing-masing menu tersebut, muncul tampilan kecil yang mengisyaratkan tindakan selanjutnya. Misal pada menu E-Banking, saat kita klik akan muncul tampilan kecil yang menawarkan kita utuk " "Login", atau "Selengkapanya" . Jadi, fungsi menu di bagian kanan adalah untuk memudahkan nasabah ketika akan memanfaatkan layanan yang ada.

Kumudian, persis di bagian bawah takeline "Saatnya Pegang Kendali" terdapat menu Featured yang berisi penjelasan-penjelasan program lain yang dimiliki bank danamon dan anda bisa pilih sesuai kebutuhan masing-masing. Pilihan yang ada diantaranya : Untuk Kamu yang muda, Memulai Karir/Usaha, Anda dan Keluarga Tercinta, Tumbuhkan Pendapatan/Bisnis sampai Rencana Hari Tua. Sepertinya inilah wujud dari Connecting Future.

Di bagian paling bawah, website bank Danamon ini menampilkan "Berita Danamon". Berisi berita tentang event dan kegiatan yang diselenggrakan oleh Danamon.

Tampilan website saat dibuka di gadget pun sudah menyesuaikan tampilan versi layar kita dan 'enteng' ketika mengaksesnya. Sungguh website bank yang layak dilabeli "masa kini". Akun media sosial MyDanamonjuga menampilkan wajah yang enak dipandang. Sedangkan akun media sosial yang paling aktif menyapa sekaligus mengunggah info ataupun program-program Danamon adalah akun twitternya di @danamon. Hal itu menunjukan keseriusan  Danamon utnuk berusaha selalu menjaga komunikasinya dengan nasabah. Selain website yang sudah minimalis dan membuat nyaman pengunjung saat menjelajahinya, serta penyatuan akun media soasial dengan websitenya. Ada satu layanan yang menurut saya mampu menguatkan takeline "Saatnya pegang kendali" itu. Layanan tersebut adalah D-mobiledan D-Card Mobile

Sumber Gambar : Capture Web danamon.co.id
Sumber Gambar : Capture Web danamon.co.id
Dalam penjelasan yang tercantum pada menu D-Mobile, dijabarkan bahwa D-Mobileadalah layanan perbankan yang memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi melalui smartphone kita. Cukup dengan download dan installaplikasi D-Mobile. Aktivasi dapat langsung dilakukan melalui aplikasi D-Mobile, tanpa perlu datang ke cabang/ATM. Kita bisa bertransaksi hanya melalu aplikasi ini tanpa harus ke atm. Sebuah layanan perbankan yang memang harus ada di masa kini.

Namun, menurut saya, yang membuat D-Mobile Danamon memiliki keunggulan dari bank lainnya adalah layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu atau yang dinamakan D-Cash. Dengan D-cash ini, kita tidak perlu membawa kartu ke mesin untuk menarik uangnya secara tunai, cukup dengan  passcodee yang sudah kita buat sebelumnya. Selain itu yang menurut saya sangat unik dan baru adalah kita juga bisa membayar hutang atau mengirimi teman kita dengan memanfaatkan Ponsel D-Cash dan juga SocMed D-cash

Dimana kita hanya perlu menggunkan ID Facebook dan nomer handfone teman kita (untuk SocMed D-cash ) yang akan kita transfer serta pascodee yang sudah kita buat. Sedangkan untuk Ponsel D-Cash , kita hanya perlu handfone teman kita saja. Tentunya mesin ATM yang digunakan adalah ATM yang terdapat logo D-cash. Sedangkan D-card Mobile sendiri adalah layanan aplikasi khusus pemegang Kartu Kredit Danamon yang memudahkan pemiliknya untuk mengendalikan kartu kredit yang dimiliki. Fitur yang ada didalmnya pun semua bisa dilakukan hanya lewat samrtphone.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN