Mohon tunggu...
abdul afit
abdul afit Mohon Tunggu... Freelancer - Tutor geografi

Bumi dan bola, sama-sama bundar!

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

3 Pesepak Bola Brazil yang Raih Juara Piala Asia

11 Februari 2024   10:10 Diperbarui: 11 Februari 2024   14:57 87
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Qatar kembali raih gelar juara Piala Asia (foto: AFC Asian Cup)

Brazil terkenal sebagai gudangnya pemain-pemain berbakat. Brazil mengekspor pemain hampir ke seluruh dunia. Banyak dari pemain Brazil bermain hingga belasan tahun di suatu liga hingga mereka dinaturalisasi negara yang bersangkutan. Mereka dianggap akan mampu mengangkat performa tim nasional.

Bahkan sebagian dari mereka mampu memberikan gelar juara turnamen prestisius bagi negara barunya. Seperti pesepak bola kelahiran Brazil berikut ini:

Ruy Ramos

Ruy Ramos lahir di Mendes, negara bagian Rio de Janeiro, Brazil 9 Februari 1957. Dia pemain asing pertama di liga sepak bola Jepang. Ruy datang ke Jepang saat usianya 20 tahun. Ruy bermain sebagai gelandang untuk klub Verdy Kawasaki dari 1977 hingga 1996. Ruy sempat pindah ke  Kyoto Purple Sanga pada 1996-1997. Ruy kembali ke Verdy hingga pensiun pada 1997-1998. 

Ruy Ramos mengenakan jersey nomor 10 di tim nasional Jepang (foto:plavendas.com)
Ruy Ramos mengenakan jersey nomor 10 di tim nasional Jepang (foto:plavendas.com)

Walaupun telah lama bermain di Jepang sejak usia 20 tahun, Ruy baru mendapatkan panggilan ke timnas Jepang pada usia 33 tahun untuk ajang Asian Games 1990. Sejak itu Ruy bermain reguler untuk timnas Jepang. Ruy bermain 4 kali di Piala Asia 1992 dan mengantarkan timnas Jepang meraih gelar juara untuk pertama kalinya di turnamen tersebut.

Ruy hampir membawa Jepang lolos ke Piala Dunia untuk pertama kalinya pada edisi 1994. Sayang, Jepang ditaklukkan Irak pada kualifikasi akhir Piala Dunia Zona Asia. Ruy bermain 32 kali dan mencetak 1 gol untuk timnas Jepang.

Alex Santos

Alex santos lahir di Maringa, negara bagian Parana, Brazil 20 Juli 1977. Alex migrasi ke Jepang saat usianya baru 16 tahun. Di melanjutkan pendidikan dan minat sepak bolanya di SMA Meitoku Gijuku.

Alex Santos (foto:alamy.com)
Alex Santos (foto:alamy.com)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun