Mohon tunggu...
abdul afit
abdul afit Mohon Tunggu... Freelancer - Tutor geografi

Bumi dan bola, sama-sama bundar!

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Mengapa Portugal Ngotot Gol Pertama Bruno Fernandes Harus Milik Ronaldo?

30 November 2022   11:20 Diperbarui: 3 Desember 2022   15:45 303
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ronaldo menyambut umpan Bruno Fernandes dengan sundulan kepala (foto: FP FIFA World Cup) 

Pertandingan matchday 2 grup H antara Portugal melawan Uruguay, Senin 29 November 2022 berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Portugal. Pertandingan masih menyisakan kontroversi terkait pemilik gol pertama Portugal. Portugal dan Cristiano Ronaldo sama-sama mengklaim bahwa gol pertama Bruno Fernandes milik Ronaldo. 

Ronaldo dan Federasi Portugal mengklaim tendangan Bruno sempat menyentuh kepala (rambut) Ronaldo. Akan tetapi, secara resmi FIFA mencatat kedua gol sebagai milik Bruno Fernandes. Pernyataan FIFA berpegangan kepada teknologi yang disematkan pada bola Adidas Al Rihla yang menunjukkan tidak ada kontak dengan Ronaldo. 

 Federasi Sepak bola Portugal (FPF) dikabarkan akan mengajukan banding kepada FIFA agar gol pertama Bruno dicatat sebagai milik Ronaldo. 

Terlepas dari gol kontroversi tersebut, kemenangan Portugal atas  Uruguay membawa Portugal lolos ke babak 16 besar. Dengan sisa satu pertandingan,poin Portugal sudah tidak akan terkejar oleh para pesaingnya. Ghana mengoleksi 3 poin, Korea dan Uruguay masing-masing 1 poin. 

Mengapa Federasi Portugal ngotot gol pertama milik Ronaldo? 

Untuk membahas hal ini saya teringat dengan pernyataan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menyampaikan orasi ilmiah di acara wisuda Universitas Pancasila, Jakarta beberapa waktu yang lalu. 

"Sepak bola jangan dianggap hanya sekedar olahraga, sepak bola itu adalah olahraga paling populer di dunia. Karena itu sepak bola adalah persaingan kehormatan bangsa-bangsa".

Pernyataan Pak Prabowo menunjukkan bahwa prestasi dalam sepak bola bisa menaikkan citra dan derajat suatu bangsa di panggung internasional. Dalam kaitannya artikel yang saya tulis ini, tentu saja berkaitan dengan kehormatan dan Citra bangsa Portugal dimata bangsa-bangsa lainnya. 

Saya melihat kengototan Federasi Portugal agar gol pertama mereka dicatat sebagai milik Ronaldo tidak lain adalah agar Ronaldo (Portugal) masuk ke dalam jajaran rekor pencetak gol terbanyak di Piala Dunia. Saat ini Ronaldo telah mencetak 8 gol di 5 edisi piala Dunia.  Jika gol saat melawan Uruguay disahkan menjadi miliknya maka Ronaldo akan menyamai rekor gol legenda sepak bola Portugal Eusebio da Silva Ferreira dengan 9 gol. Eusebio mencetak 9 gol dalam satu edisi, piala Dunia 1966 di Inggris. 

Selain itu, jika gol pertama melawan Uruguay sah menjadi gol ke 9 Ronaldo di piala Dunia,maka akan mendekatkan Portugal dan Ronaldo untuk masuk ke jajaran bangsa-bangsa dan legenda sepak bola dunia lainya yang mampu mencetak minimal 10 gol di piala Dunia. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun