Mohon tunggu...
Abdul Wahab Dai
Abdul Wahab Dai Mohon Tunggu... Penulis - Pegiat Jurnalisme Warga

Gemar membaca buku dan media sejak SD hingga kini.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Umar Pannamo, Penulis Buku "Mattappa" Meninggalkan Kita

18 Maret 2023   17:24 Diperbarui: 18 Maret 2023   17:35 138
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Abdul Wahab Dai
Narablog

WAJO-Beberapa warganet mengomentari masa hidup H. Umar Pannamo, B.A. yang Baru saja wafat pada usia 93 tahun. Umar Pannamo adalah pengarang buku pelajaran bahasa Bugis bagi murid-murid sekolah dasar dan sekolah menengah pada masanya.

Asriyadi Djalil, perantau Wajo di Makassar menyaksikan bagaimana Umar Pannamo berjalan kaki dari Surae ke Amessangeng di Sekitar Sengkang, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan untuk mengajar murid-muridnya.

"Beliau merangkap kepala sekolah dan guru Bahasa Daerah Bugis kami di SD 8," kata Andi Ansarullah dari Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara merujuk pada sekolahnya di Sengkang.

"Beliau pendidik yang sangat santun terhadap semua muridnya," tambah Andi Hasnintong, seorang ASN di Sengkang.

***

Generasi 1980-an hingga 1990-an di sekolah-sekolah dasar dan menengah di Wajo, Sulawesi Selatan mengenal dua buku pelajaran bahasa Bugis legendaris dengan judul senada dan mengandung makna yang bernas.

Ada buku Lantera yang terbit berjilid-jilid karangan Drs. Muh. Salim terbitan CV Karya Bakti Ujung Pandang (kini Makassar).

Ada pula buku Mattappa yang digubah oleh H. Umar Pannamo, B.A. Bahkan buku ini hingga kini masih ditawarkan secara daring merujuk pada penelusuran di jagat maya ketika tulisan ini digubah sehari setelah Gurunda tutup usia.

Dua judul buku dari pengarang yang berbeda (Muh. Salim dan Umar Pannamo) rupanya senada dan seirama dengan tujuan mencerahkan.

Bahkan pada era Kurikulum Merdeka Belajar dewasa ini ada buku Pasuloi  karangan trio Darmawati, S.Pd., Joharuddin, S.Pd., M.M., dan Syamsuddin, S.Pd. untuk pelajar SMP/MTs.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun