Mohon tunggu...
Abdon Sambom
Abdon Sambom Mohon Tunggu... ALIANSI JURNALIS INDEPENDEN, JERNIH MELIHAT DUNIA

Home Menu Portal Berita Kompasiana.Com Media Artikel Publik Pilihan Editor

Selanjutnya

Tutup

Transportasi

Jalan Padang Bulan Abe Terjadi Macet Jalan Hari Ini

13 Agustus 2019   22:04 Diperbarui: 13 Agustus 2019   22:10 0 1 0 Mohon Tunggu...
Jalan Padang Bulan Abe Terjadi Macet Jalan  Hari Ini
Suasana macet terjadi Malam hari ini, Abdon Sambom bersama Sopir taksi angkot jurusan expo kamkey Mengalami kekecewaan akibat macet terkait di jalan masuk Kampus USTJ hingga Padang Bulan Sosial, Kota Jayapura,hari. (ISTIMEWA /a.s)

Jayapura,kompasiana.com,Selasa  13/08/2019

JAYAPURA,Kompasiana.com-- Abdon Sambom  bersama Sopir taksi Mengalami kekecewaan akibat Terjadinya Macet jalan Bandang bulan jalan masuk kampus poltekes sampai pos TNI 752 , Kamis (13/05/2019), turun  (Abdon Sambom) memantau arus kendaraan yang melintas di sepanjang jalan masuk Kampus USTJ hingga Padang Bulan Sosial, Kota Jayapura, yang kerap mengalami kemacetan setiap hari kerja dan malam Kali ini.

Dari hasil pantauan itu, yang dilakukan oleh Abdon Sambom menilai,  solusi sangat sulit untuk mengatasi kemacetan yang kerap melanda jalur itu setiap harinya, adalah dengan memperketat sistem antrian satu jalur jalan, dilewati satu kendaraan roda empat.

Lebih khusus untuk jalan raya Abepura Sentani, yang kerap menjadi pusat kemacetan sejak jalan alternatif Waena -- Kantor Wali Kota dalam masa perbaikan.

"Sebab kalau kita lihat sekarang, bila satu jalur dilewati dua kendaraan kan menimbulkan kemacetan yang luar biasa. Bahkan pengendara roda dua pun memanfaatkan bahu jalan".

"Makanya, salah satu solusi ini dapat dijadikan opsi untuk dicoba, dengan harapan kemacetan ini bisa kita tekan," ujarnya.
disela-sela malam hari ini bersama Sopir menuju ke Abe Jayapura,

Abdon Sambom mengatakan, pemerintah provinsi Papua tidak melihat dan mengerahkan pengusaha -pengusaha muda Papua.
 Untuk menangani jalan ini membuat agak luas yang dibutuhkan untuk mengatur arus kendaraan yang melintas di wilayah maupun jalur macet.

Sebelumnya, Asisten Bidang Umum Sekda Provinsi Papua, Elysa Auri mengimbau, Dan  instansi membidangi infrastruktur dan perhubungan, agar dapat mencari solusi mengatasi masalah kemacetan di Jayapura yang semakin kompleks.

"Kondisi jalan di Jayapura saat ini sangat macet. Ini memberikan dampak kepada pelayanan sektor ekonomi, khususya yang berkembang di Kota Jayapura. Makanya, saya saya melihat instansi membidangi infrastruktur agar membuat satu sinergitas tentang pembangunan insfrastruktur Papua, sekaligus mencari solusi mengatasi kemacetan".

"Kendati demikian, upaya itu pun mesti dilakukan dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada disekitar kita. Dalam artian upaya yang dilakukan itu harus bisa menggandeng masyarakat. Supaya masyarakat bisa menjadi pelaku pembangunan, sebagaimana instruksi pimpinan," tandasnya. (Kompasiana.com)

Pemerintah provinsi harus dapat mencari solusi yang Tepat untuk mengatasi masalah kemacetan ini Di jalan waena menuju Abe di sekitarnya Ali ale Badang Bulan Ustj selalu terjadi kemacetan Karena mengakibatkan jalan raya Jayapura Sentani tersebut terlalu kecil sehingga Pemerintah harus melakukan berbaikan jalan agar Supaya lain waktu tidak akan terjadi lagi kemacetan kendaraan Roda dua dan Empat.

Sopir taksi (angkutan kota) jurusan Abepura-Waena mengeluhkan kondisi jalan raya Abepura yang belakangan sering macet.

Pasalnya bahwa kemacetan disebabkan karena volume kendaraan pribadi yang makin banyak, bahkan sehari bisa macet hingga sepanjang 500 meter.


"Memang setiap hari begitu. Terjadi kemacetan Macam ini tidak ada solusi lainnya yang mengatur kendaraan ini,"  kata , sopir taksi jurusan Abe-Waena, ketika ditemui,kompasiana.com di Abepura, Selasa malam.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x