Gayahidup

Melawan Hambatan dalam Berkarya

13 Januari 2018   20:38 Diperbarui: 13 Januari 2018   20:39 503 0 0
Melawan Hambatan dalam Berkarya
Dokumentasi Pribadi

Berkarya dalam bidang literasi adalah cara saya untuk memahami kehidupan secara mendalam. Saya selalu mencoba menyuarakan aspirasi maupun opini yang dikemas apik dalam balutan tulisan yang merefleksikan lingkungan kehidupan sekitar. Bisa dalam bentuk karya puisi, fiksi, maupun non-fiksi yang disalurkan melalui berbagai platform. Blog salah satunya.

Menulis juga merupakan salah satu cara saya berkontribusi kepada bangsa dan negara. Bapak Anies Baswedan pernah berkata,"Selama ada yang menulis maka ada yang membaca; selama ada yang membaca maka ada yang belajar; dan selama ada yang belajar maka masih ada harapan akan kemajuan di Indonesia".

Disisi berbeda, ada pula warga negara yang malah mencoba mengadu domba sesama kita lewat tulisan hoax dan ujaran kebencian. Kita wajib melawan balik dengan konten positif yang terlahir dari pemikiran kreatif. Pekerja kreatif tidak boleh kalah kreatifitas nya dengan para penebar hoax dan konten negatif.

Kreasi dan inovasi kita harus selalu berada didepan mereka. Sesungguhnya saya mengamati fenomena ini sangat berbahaya bagi para pembaca awam yang hanya menelan mentah-mentah berita tidak benar tersebut. Pada akhirnya terjadilah salah persepsi. Sesuatu yang benar dan salah dibolak-balik tak tentu arah. Sehingga menimbulkan paradoks ditengah-tengah lingkungan masyarakat.

Melalui tulisan, saya berusaha menyampaikan terobosan dan opini yang saya ketahui. Saya percaya jika semakin banyak orang yang menulis, maka semakin nyatalah cita-cita kita menuju bangsa berpengetahuan dan intelektual tinggi. Sehingga tidak ada peluang dari pihak asing memperdaya dan memperbudak diri kita seperti yang bangsa ini alami pada masa penjajahan dahulu.

minyak-pijat-generic-minyak-kayu-putih-caplang-30ml-kpl-152-4226324-1-41638-5a5a0b165e13731d720a2122.jpeg
minyak-pijat-generic-minyak-kayu-putih-caplang-30ml-kpl-152-4226324-1-41638-5a5a0b165e13731d720a2122.jpeg
Demi lahirnya ide dan terobosan baru dalam menulis. Saya selalu mencoba melihat segala sendi kehidupan sebagai sebuah inspirasi yang dapat dibagi kepada khalayak. Meskipun selalu saja ada tantangan internal yang datang dari diri kita ketika proses pencarian inspirasi berlangsung, sepertibadmood, malas, dan keluhan kesehatan.

Biasanya kalau badmood atau malas merasuki jiwa, saya menonton orang-orang yang menginspirasi dalam hidup melalui platform Youtube. Cara ini menstimulasi semangat kembali pada spirit luar biasa. Lain halnya dengan tubuh. Bila pusing atau sakit kepala menyerang, kayu putih aroma adalah solusi mutakhir.

Minyakkayu putih aroma terbukti ampuh mengatasi keluhan-keluhan seperti pusing, perut kembung, masuk angin, mual, sakit perut, dan gatal-gatal akibat gigitan serangga.

Dimanapun dan dalam kondisi apapun, kaya putih aroma sangat perlu dibawa kemana pun kita pergi, menemani aktivitas keseharian sebagai langkah preventif jika keluhan yang tidak diinginkan tiba-tiba datang. Apalagi sebagai generasi masa kini yang penuh dengan kesibukan. Kayu putih aroma bisa menjadi senjata untuk meningkatkan kreatifitas.