Mohon tunggu...
abdina qiasa
abdina qiasa Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa/Penulis/Unesa

Banyak hal yang saya minati tapi tidak ditekuni, salah satunya menulis. saya sangat nyaman ketika menulis tapi saya ragu tulisan saya dapat diterima oleh banyak orang, setelah hiatus selama 4 tahun akhirnya saya memutuskan untuk kembali aktif menulis dan kompasiana menjadi salah satu wadahnya

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Tips Belajar ala Olah Kata"Di Kelas Lebih Baik Hafal tapi Mudah Mental, atau Paham yang Tidak Tenggelam?"

11 Mei 2024   18:17 Diperbarui: 11 Mei 2024   19:35 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Haiiiii teman-teman!!!

Kalian pernah merasa sudah mempelajari suatu hal tapi ketika ditanya ulang justru bingung harus jawab apa karena semua sudah hilang di kepala?

Banyak faktor yang melatarbelakangi hal ini, seperti misalnya teman-teman hanya mengingatnya berdasarkan pelafalan dan pendengaran saja. Ingat teman-teman bahwa memori kita itu terbatas untuk mengingat semua materi pelajaran di sekolah belum lagi dengan peristiwa-peristiwa di luar sekolah yang memenuhi memori terbatas kita ini. Dan oleh sebab itu teman-teman usahakan untuk tidak hanya mengahafal materi pelajaran ya. Jangan sampai hal yang terjadi pada ku terulang pada kalian.

My Experience:

Dulu ketika aku mengikuti beberapa kali ujian lisan, aku pernah menerapkan sistem kebut semalam dengan jalan ninja menghafal. Oke memang nilai ku sangat memuaskan setelah ujian lisan itu, tapi seminggu kemudian pada pertemuan selanjutnya aku ditanyakan tentang materi kemarin dan BOOOOMM! Aku diam seribu bahasa, aku sama sekali nggak ingat dengan materi minggu lalu dan rasanya ingin menangis meraung malu karena hal ini tidak mencerminkan nilai bagus kupekan lalu. Selepas pertemuan itu aku berpikir keras, ini sebernarnya apa yang salah? Dan ternyata pada pekan yang sama aku kembali akan melakukan ujian lisan FISIKAAAA!! Pada saat itu aku rasanya ingin bolos saja pada saat Hari H, karena aku belum kunjung menemukan kesalahanku pada ujian sebelumnya. Dan pada malam itu aku menangis sambil belajar, aku mencoba membuat kerangka atau sebut saja sebagai peta konsep tentang materi yang akan diujikan. Dan waktu ujian pun tiba, aku melakukan ujian dengan lancar. dan pola serupa kembali terjadi, pada pekan depannya aku kembali ditanya terkait dengan materi pekan lalu yang diujiankan. Dan kamu tau? AKU BISAAAAA MENJAWAB!!! Senang bukan kepalang rasanya, setelah hari itu berlalu aku menemukan caraku belajar dengan tepat yakni memahami peta konsep dari sebuah definisi atau materi yang ada. Dan setelah aku memahami suatu materi, materi itu akan jauh lebih lama aku ingat dikepalaku dibanding menghafal. 

So, kesimpulannya? Jangan menghafal sesuatu secara singkat dan cepat, karena sesuatu itu juga akan hilang secara cepat.


Kamu masih bingung caranya seperti apa untuk bisa memhami materi agar tidak mudah lupa?

Aku akan memberikan tipsnya;

1. Buatlah beberapa kata kunci dari apa yang kamu sedang pelajari. 

Contohnya seperti apa kak?

     Contohnya kamu sedang mempelajari tentang Ekosistem, berdasarkan desinisi Ekosistem adalah sistem ekologi  yang terdiri dari berbagai organisme hidup  yang berinteraksi satu sama lain dan dengan lingkungan fisik tempat mereka hidup. Kemudian kamu buat beberapa kuncinya seperti; Ekologi-Timbal Balik-Makhluk Hidup-Lingkungan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun