Mohon tunggu...
Abanggeutanyo
Abanggeutanyo Mohon Tunggu... “Besar, ternyata ada yang lebih besar, sangat besar, terbesar, super besar, mega besar dan maha besar.”

Nama : FM Al-Rasyid ---------------------------------------------------------------- Mengamati dan Diamati

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Ini Sebabnya Gender "She" Melekat pada Kapal Laut

17 Juni 2021   00:26 Diperbarui: 18 Juni 2021   00:48 225 12 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ini Sebabnya Gender "She" Melekat pada Kapal Laut
Gambar ilustrasi. Kapal membelah gelombang tinggi.Sumber : catnapsintransit.com

Sekadar mengulangi atau mengingatkan, dalam tata berbahasa Inggris (English Grammar) She dan He adalah kata ganti orang tunggal yang hanya merujuk pada orang, sedangkan It merujuk pada sesuatu benda.

Tetapi sering kita temukan sebuah kapal atau kapal perang yang sejatinya adalah benda dijuluki "She." Padahal profil umum sebuah kapal perang berpenampilan macho, gagah perkasa dalam disain lekukan berotot. 

Meskipun juga berseni cantik tapi jauh dari kesan flamboyan. 

Selain itu kru kapal perang umumnya didominasi pelaut laki-laki meksipun ada beberapa saja wanita pelaut yang membidangi tugas tertentu.

Angkatan laut kerajaan Inggris memberi nama kapal mereka dari hewan, nama kota, lambang kekuatan, simbol kemegahan hingga nama-nama wanita misalnya Queen Elizabeth, Queen Marry dan lain-lain. Tetapi untuk semua kapal-kapal itu sebutan kata ganti orang tunggal "She" bukan He apalagi "It."

Kapal perang Amerika Serikat (AS) juga banyak dijejali dengan nama wanita, antara lain : USS Dorothea L, USS Elizabeth C. Stanton, USS Anne Arundel, USNS Amelia Earhart dan kapal riset RV Sally Ride untuk mengenang astronot wanita AS yang meninggal dunia dalam insiden misi ruang angkasa era 1980-an.

Tak hanya negara di atas, Spanyol, India, Pakistan dan Indonesia juga mempunyai nama kapal perang tokoh wanita. Walaupn lebih banyak kapal dengan nama laki-laki dan sebutan hewan, tokoh ternama atau simbol kekuatan, kapal-kapal itu mendapat julukan "She."

Hal serupa terjadi juga pada kapal legendaris Titanic yang tenggelam pada 14 April 1912. Beragam sumber menyebutnya She di berbagai artikel tentang proses pembuatan Titanic sampai dia tenggelam. 

Perhatikan salah satu kalimat yang ditulis maritimecyprus.com edisi 13/4/2021, berikut : 

"Titanic had an estimated 2,224 people on board when she struck an iceberg at around 23:40 (ship's time) on Sunday, 14 April 1912. Her sinking two hours and forty minutes later at 02:20."

Jika kita sepakat hanya ada dua jenis kelamin (gender) di dunia ini yaitu Laki-laki (He) dan Perempuan (She) mengapa kapal laut  yang didominasi nama laki-laki tidak disebut "He" tapi  ikut-ikutan disebut "She."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x