Mohon tunggu...
Abah Express
Abah Express Mohon Tunggu... Operator

Nginfoin

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Yang Harus Dilakukan Sebelum Umur 30 Tahun

22 Desember 2020   14:52 Diperbarui: 22 Desember 2020   15:26 125 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yang Harus Dilakukan Sebelum Umur 30 Tahun
Sumber : freepik.com

Setiap memasuki dekade baru, seseorang merasa seperti terlahir kembali. Terutama saat kamu masuk usia 20-an, 30-an, 40-an, dan seterusnya. Dekade baru adalah milestone atau loncatan untuk menuju hidup baru dan momentum untuk berubah menjadi lebih baik.

Kamu yang sekarang ada di usia 20-an pasti sedang sibuk merencanakan masa depan, mencari kebahagiaan, bahkan mencari jatidiri. Ada banyak hal yang ingin kamu capai dan lakukan sebelum memasuki usia 30.

Hal-hal apa yang tidak boleh kamu lewatkan sebelum kamu menginjak umur 30 tahun?

1. Hidup Terpisah dengan Orang Tua

Tinggal di rumah orang tua, bersama dengan orang tua, dengan semua kebutuhan dasar yang tercukupi adalah zona nyaman bagi setiap orang. Tapi jelas tidak ada tantangannya bukan? Sebelum kamu berumur 30 tahun, kamu harus punya pengalaman hidup sendiri secara mandiri, jauh dari orang tua. Meski hanya 1 tahun saja, akan ada banyak pelajaran yang bisa kamu dapatkan.

Selain belajar mandiri, kamu punya banyak waktu-waktu pribadi dengan dirimu, melakukan self-talk, dan refleksi diri.

2. Memulai Usaha

Jangan sampai ketika kamu masuk ke usia 30 tahun kamu belum pernah mencoba memulai usahamu sendiri. Kamu bisa menjalankan bisnis kecil-kecilan seperti menjual barang, menawarkan jasa, dan masih banyak lagi. Dari sini kamu akan mendapatkan banyak ilmu finansial seperti mengelola keuangan, berjuang mempertahankan usahamu agar kamu tidak bangkrut, dan menyelesaikan masalah yang muncul dalam usahamu.

3. Gagal Berulang Kali

Kamu pasti sudah sering mendengar perkataan “habiskan jatah gagalmu di usia muda”. Hal ini sangat benar. Mumpung kamu masih muda, kalahkan semua takut dan ragumu untuk mulai bergerak. Jangan takut gagal, karena kamu masih punya banyak waktu untuk bangkit lagi.

Jangan takut membuat keputusan yang radikal dan penuh resiko. Misalnya keluar dari pekerjaanmu yang sekarang dan mulai membangun usahamu sendiri. Meski kamu telah gagal ratusan kali selama usia 20-an, kamu akan merasa sangat bersyukur nanti ketika kamu mulai menginjak usia 30-an dan seterusnya.

4. Membentuk Kebiasaan Baik

Coba sekarang kamu gambarkan seperti apa dirimu di usia 30-an nanti. Setelah mendapat gambaran yang jelas, mulailah menyusun langkah-langkah untuk mewujudkan visi tersebut. Bentuk kebiasaan-kebiasaan baik dalam aktivitas sehari-hari.

Kamu bisa belajar mengelola keuangan, atau membaca buku tentang kebiasaan efektif di usia 20-an lalu mulai menerapkannya. Tuliskan kebiasaan buruk yang kamu lakukan saat ini, lalu ganti semuanya dengan kebiasaan positif yang akan membuat dirimu menjadi lebih baik.

5. Mencintai Apa yang Kamu Lakukan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
22 Desember 2020