Mohon tunggu...
Syae_Purnama
Syae_Purnama Mohon Tunggu... Dosen - Perjalanan menuju keabadian

Moderasi, sustainability provocateur, open mind,

Selanjutnya

Tutup

Musik Artikel Utama

Kurasi Musik Bens Leo

1 Desember 2021   07:47 Diperbarui: 3 Desember 2021   11:15 203 9 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
ilustrasi studio musik. (sumber: pixabay.com/rafabendo)

Bens Leo adalah wartawan musik yang legendaris. Kalau mau tahu bagaimana perkembangan musik di Indonesia, bacalah tulisan-tulisan beliau. Kini almarhum sudah tiada, namun kontribusinya bagi dunia musik tanah air tidak tergantikan. 

Dunia seni mengenal fungsi kurasi. Bens Leo memberikan wawasan kepada para pembacanya tentang industri musik tanah air. 

Para penikmat media massa cetak dapat menikmati tulisan Bens Leo sambil minum kopi, lalu memutar-mutar tombol radio AM/FM untuk mencari musik yang diulas oleh Bens Leo.

Bens Leo adalah anggota AMI, pencari bakat, dan garda depan dalam dunia pemberantasan pembajakan musik di Indonesia melalui aktifitas-aktifitasnya. 

Kini beliau sudah beristirahat dengan tenang. Semoga tumbuh berkembang para wartawan musik yang berkualitas di Indonesia, yang akan mendorong kemajuan industri permusikan Indonesia.

Di industri musik, dikenal istilah label besar dan industri musik underground atau indie label. Semua punya pasar masing-masing. 

Sekarang dengan adanya internet, pasar musik semakin membesar dan siapapun bisa menjadi penyanyi atau pemusik. 

Muncul jenis artis baru yang tidak ada di label besar maupun indie, mereka besar di internet, di Spotify, Yooutube, Tiktok, Instagram dan sejenisnya. 

Lalu ada televisi nasional, yang kini juga mulai terpengaruh dengan aktifitas dunia netizen. Apa yang viral di internet dilebih viralkan di televisi nasional.

Bens Leo melayat penyanyi senior Eddy Silitonga di rumah duka di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan, Kamis (25/8/2016). (KOMPAS.COM/TRI SUSANTO SETIAWAN) 
Bens Leo melayat penyanyi senior Eddy Silitonga di rumah duka di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan, Kamis (25/8/2016). (KOMPAS.COM/TRI SUSANTO SETIAWAN) 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Musik Selengkapnya
Lihat Musik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan