Mohon tunggu...
Aan Ridwan
Aan Ridwan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pembelajar seumur hidup

Menulis adalah melawan | IG: @aan.ridwan15

Selanjutnya

Tutup

Hobby Artikel Utama

3 Hal yang Saya Rasakan Setelah 1 Tahun Rutin Blogging

27 Oktober 2018   12:36 Diperbarui: 28 Oktober 2018   22:57 1416
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: @SearchEngineJournal (edited)

Siapa yang tahu, kalau Hari ini merupakan hari bersejarah bagi para bloggers di Indonesia untuk "Mengenang" Hari Blogger Nasional yang diingat setiap Tanggal 27 Oktober.

Sejarahnya Hari Blogger Nasional dicanangkan pada tahun 2007 oleh Menkominfo Muhammad Nuh pada pembukaan pesta blogger tahun itu.

Saya pribadi merasa tergugah dan tersulut api semangat untuk turut mengucapakan "Selamat! Selamat Merayakan Hari Blogger Nasional untuk para bloggers dimanapun berada. Tetaplah menulis! Karena menulis adalah pekerjaan keabadian" Kata Pram.

Awalnya Saya nggak tahu, kalau hari ini adalah hari yang penting. Penting karena bagi Saya hari ini adalah titik balik yang seakan mengingatkan Saya. Sudah sejauh mana kamu berperan dalam dunia literasi?

Berkat mampir di twitter lalu iseng-iseng melihat tranding topic hari ini, eh ternyata Selamat Hari Blogger Nasional menjadi tranding topic nomor wahid.

Kemudian Saya berpikir sejenak. Melihat balik setahun kebelakang, Apa yang sudah saya lakukan dan apa yang mampu Saya bagikan melalui tulisan.

Kalaupun orang lain hari ini sudah berpikir bagaimana blog pribadinya mampu menghasilkan dari sektor bisnis.

Mungkin hari ini, Saya baru memikirkan bagaimana bisa konsistensi menulis dan menebar manfaat sekecil apapun yang Saya bisa lewat tulisan.

Karena setelah 1 tahun 'agak' rutin menulis, Saya merasakan 3 hal dalam hidup Saya:

Banyakin membaca, Kurangin Medsosnya

Setelah bergabung menjadi blogger. Kadang semangat menulis itu memang naik turun. Bukan hanya air laut yang pasang surut. Bukan hanya cinta kamu ke doi yang kadang mulai bosan (eh). Menulispun juga sama. Salah satu penyebabnya adalah karena kita mulai jarang membaca dan terlalu sering  berselancar di media sosial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun