Mohon tunggu...
Arina ilmania
Arina ilmania Mohon Tunggu... Lainnya - Halooo

Love yourself

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Edukasi Pencegahan Balita Stunting bagi Ibu-ibu di Kota Pekalogan

26 Januari 2022   19:33 Diperbarui: 26 Januari 2022   19:34 52 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Stunting adalah salah satu masalah kesehatan yang dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Termasuk 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) atau golden age yang dimulai sejak di dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun. Usaha yang dapat dilakukan untuk mencegah stunting salah satunya melalui intervensi gizi spesifik dengan mencegah dan mengurangi gangguan secara langsung pada ibu hamil. Ibu dengan pola asuh yang kurang baik akan menjadi penyebab anak stunting hal ini akibat dari perilaku pemberian asupan gizi makan. Kondisi ini dapat terjadi apabila ibu tidak memberikan asupan gizi yang cukup dan baik.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini melalui Musyawarah Mufakat Desa (MMD) terutama dengan pendekatan pemberdayaan masyarakat. Langkah yang dilakukan dalam kegiatan Praktek Belajar Lapangan II ini dimulai dengan perizinan dengan Kecamatan di wilayah Pekalongan Timur yang kemudian meminta perzinan ke Kelurahan Kauman untuk melakasanakan kegitan intervensi pencegahan dan penanggulangan stunting pada masa Pandemi Covid-19 berbasis keluarga yang dilakukan oleh Mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat Universitas Pekalongan yang dilakukan di Kelurahan Kauman Kota Pekalongan.

Program yang dilakukan antara lain penyuluhan pencegahan stunting kepada ibu-ibu yang mempunyai balita serta ibu hamil dan pembagian Pemberian Makanan Tambahan (PMT). Program pencegahan stunting diwilayah Kelurahan Kauman melalu kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memeberikan edukasi pencegahan stunting dan pendampingan ibu hamil pada masa oandemi covid-19 serta membantu program pemerintah mencegah stunting sedini mungkin sejak  berada pada kandungan.

Masa pandemi Covid-10 tidak menurunkan semangat menjaga dan meningkatakan kesehatan ibu dam anak. Kegiatan ini dilakasanakan pada bulan Desember 2021. Penyuluhan melibatkan para Ibu-ibu yang mempunyai balita serta evalusi kegiatan pengabdian ini dilihat tercapainya seluruh kegiatan yang direncakana.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan