Mohon tunggu...
Aura
Aura Mohon Tunggu... Pekerja lepas

Menulis supaya tidak bingung.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

5 Ide Hampers Lebaran Unik

23 April 2021   18:54 Diperbarui: 9 Mei 2021   15:06 697 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Ide Hampers Lebaran Unik
Ilustrasi hampers lebaran. Foto: Alethea Pricila Sianturi/Kompas

Lebaran tahun ini masih cukup jauh, tapi tak ada salahnya kalau kita menyiapkan budget dan mempertimbangkan hampers lebaran yang cocok untuk kolega atau keluarga terkasih -- selain kue kering yang sudah lazim dijadikan hampers lebaran.

Dulu, bingkisan menjelang lebaran dikenal dengan istilah parcel, tetapi parcel dan hampers lebaran ternyata berbeda. Klasika menyebutkan, hampers diperlakukan lebih khusus daripada parcel. Hampers mengandung kesan yang lebih personal dan intim daripada parcel. (Sumber)

Berikut adalah 5 ide hampers lebaran unik ala saya:

  • Sembilan bahan pokok alias sembako

Sumber gambar: wasit.id
Sumber gambar: wasit.id
Sebagai hampers lebaran, tentu sembako akan sangat bermanfaat bagi penerima. Kesembilan bahan pokok dapat meringankan kebutuhan di kala pandemi berlangsung.

Menurut Kemenperindag 115/1998, sembako terdiri dari beras, gula pasir, minyak goreng dan mentega, daging sapi dan ayam, telur ayam, susu, jagung, minyak tanah, dan garam beryodium. 

Pada era ini, jagung dan minyak tanah yang sudah kurang relevan bagi sebagian besar masyarakat perkotaan, mungkin bisa diganti dengan bahan lain yang setara manfaatnya. Sedangkan daging-dagingan bisa dipilih yang sudah dalam kemasan kaleng.

  • Tanaman

Gambar milik toko NanemTaneman via instagram
Gambar milik toko NanemTaneman via instagram
Meski merupakan kebutuhan sekunder hingga tersier, hampers lebaran berupa tanaman hias sedang merajalela di pasaran. Selain di e-commerce, hampers yang sudah siap kirim juga tersedia di akun-akun Instagram UMKM. 

Cobalah mencarinya dengan bantuan tags #hamperstanaman #hamperstanamanhias atau diikuti nama kota seperti #hamperstanamanjakarta #hamperstanamanbdg #hamperstanamanjogja.

Biasanya, tanaman sudah di-packing cantik beserta dengan media tanam kekinian, peralatan berkebun, dan serum tanaman. Sangat bermanfaat untuk melengkapi hobi di masa pandemi. 

Namun, hampers tanaman bisa lebih memikat jika berisi tanaman hasil rawatan atau hasil kebun sendiri. Intimitasnya akan lebih terasa. Jangan lupa menyertakan cara perawatan agar penerima paham bagaimana harus memperlakukan tanaman tersebut.

  • Paket wedang, teh, dan/atau ragam bunga kering

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x