Mohon tunggu...
A2Rifkiyah Kamilah
A2Rifkiyah Kamilah Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - bye

be happy

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Memanfaatkan Media Sosial dalam Pembelajaran Online Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta

21 Januari 2022   21:42 Diperbarui: 21 Januari 2022   21:50 44 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Covid -- 19 merupakan virus yang muncul di indonesia pada awal Maret 2019. Pandemi Covid -- 19 menyebar dengan sangat cepat ke berbagai Daerah -- daerah di Indonesia. Virus ini sangat berbahaya karena bisa menular dari satu orang ke orang lainnya. Selain itu virus ini bisa menyebabkan kematian. Total kematian sendiri di Indonesia mencapai 144,000 jiwa di Indonesia.

Pandemi Covid -- 19 memiliki dampak yang cukup besar di berbagai sektor, salah satunya di sektor pndidikan. Sejak saat itu seluruh kegitan pembelajaran pun dihentikan sementara waktu, sehingga pembelajaran tidak dilakuka secara offline.

Pemerntah Indonesia melakukan upaya untuk menghentikan penyebaran Virus Covid -- 19 di Indonesia. Pemerintah menganjurkan untuk melakukan pembelajaran secara daring. Dalam melakukan pembelajaran online dapat menggunakan aplikasi seperti aplikasi Classroom, WhatsApp, Zoom, Google Meet, dan lain sebagainya.

Di masa pandemi saat ini, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta menerapkan sistem pembelajaran secara daring. Dalam pembelajaran tersebut dosen memberikan materi kepada mahasiswa melalui media sosial seperti Zoom,Google Meet, dan lain sebagainya. Dalam pembelajaran secara daring media sosial yang sering di gunakan yaiu Google Meet dan E -- Learning Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Dengan menggunakan aplikasi tersebut dosen dapat memberikan materi kepada mahasiswa dan bertatap muka secara daring.

Lensa Unisa merupakan sarana pembelajaran Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta yang bersifat astnchronous. Lensa Unisa digunakan dosen dan mahasiswa untuk melakukan pembelajaran di masa pandemi. Selain itu lensa unisa terdapat forum pengumpulan tugas, dan forum diskusi. Lensa Unisa di gunakan dosen dan mahasiswa untuk berinteraksi dan diskusi. Selain itu lensa Unisa menyediakan materi -- materi pembelajaran yang diatur berdasarkan jurusan program studi dan tahun angkatan sehingga mahasiswa lebih mudah melakukan pembelajaran.

Aplikasi pembelajaran yang digunakan di masa pandemi seperti ini sudah cukup efektif. Mahasiswa dapat belajar belajar kapanpun dan dimanapun mereka berada. Selain itu aplikasi trsebudapat membantu dosen dan mahasiswa untuk berintraksi dalam proses pembelajaran. Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta menyediakan E -- learning untuk memudakan mahasiswa mengakses mteri pembelajaran dan soal -- soal ujian.

Media sosial sangat penting di masa pandemi ini supaya masyarakat tetap bisa berkomunikasi. Walaupun sosial media memiliki banyak kekurangan misalnya seperti ajang penipuan, account account palsu dan berita hoax.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan