Mohon tunggu...
I Luh Aqnez Sylvia
I Luh Aqnez Sylvia Mohon Tunggu... Guru - GURU

Saya adalah seorang guru di SMA Negeri 1 Ungaran yang gemar dalam menulis, baik itu fiksi ataupun non fiksi. Inteligi adalah komunitas saya dalam menulis dan saya terlibat langsung dalam kepengurusan penerbit INteligi .

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Lulus atau Lolos?

7 Juni 2022   15:17 Diperbarui: 7 Juni 2022   17:44 12460
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

LULUS ATAU LOLOS

Hari -- hari ini sedang diwarnai dengan serunya wasana warsa ataupun wisuda sebagai ceremony kelulusan dengan berbagi eforia yang memukau. Bukan hakl yang salah sebab kelulusan memang adalah sesuatu yang dinanti -- nantikan dalam seseorang berproses. 

Lulus dan lolos bila sekilas dibaca seolah memiliki arti yang sama namun ternyata berbeda. Setiap orang menginginkan lulus dan banyak orang juga pasti mengharapkan untuk lolos.

Tidak sedikit orang berupaya dengan berbagai cara agar ia lolos dari sebuah tantangan ataupun kompetisi yang ada. 

Seorang siswa SMA yang ingin melanjutkan pendidikannya di bangku kuliah, ia sangat menginginkan bisa lolos dan masuk ke Perguruan Tinggi Favorit ataupun Pendidikan Kedinasan sesuai yang dicita -- citakannya.  

Namun sayangnya, justru seringkali melupakan arti pentingnya lulus sebelum menuju pada lolos.  Banyak manusia justru mengesampingkan pentingnya kelulusan tetapi hanya tertuju pada kelolosan. Mengapa demikian ?  Karena manusia kebanyakan cenderung hanya tertuju pada tujuan tetapi kurang memperhatikan arti sebuah proses.

Bukan sesuatu yang mengherankan lagi bila berbagai upaya dengan menghalalkan segala cara dilakukan agar menjadi LOLOS. Strategi -- strategi licik nan haluspun digencarkan demi meraih sebuah KELOLOSAN. 

Tidak sedikit manusia mengejarnya tanpa memperhatikan kualitas dari kelolosan tersebut. Hal inilah yang harus dibenahi agar kualitas hidup kita pun menjadi lebih baik dari hari ke hari.

Hidup adalah sebuah perjalanan yang harus dilalui dari waktu ke waktu ataupun musim ke musim bukan melompat ke waktu yang kita inginkan. Perjalanan hidup inilah yang membuat kita mampu memahami arti pentingnya sebuah kelulusan menuju pada kelolosan.

"Lulus" bukan hanya berbicara tentang terlepasnya dari  tantangan ataupun kompetisi, melainkan sebuah  kemenangan yang diperoleh melalui perjuangan dan pengorbanan. 

Seseorang dinyatakan lulus setelah ia menjalani dan melalui proses dengan mencapai hasil sesuai ketetapan yang ada. Lulus bukan sekedar lolos karena ia harus berproses dan tanpa sebuah proses tidak akan ada kelulusan.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun