Mohon tunggu...
Kuncoro Adi
Kuncoro Adi Mohon Tunggu...

Lahir di semarang, tinggal di Jakarta. Penulis, editor buku dan pembicara publik. Tulisan tentang kerohanian, bisa di akses di blog pribadi http://kuncoroadi.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Manajemen

Gaya Kepemimpinan dan Warna

27 September 2012   04:39 Diperbarui: 24 Juni 2015   23:37 1925 1 1 Mohon Tunggu...

Studi tentang ciri-ciri kepribadian manusia telah dilakukan oleh para ahli selama berabad-abad, dan ada banyak kesepakatan dalam kesimpulan serta temuan dari karakteristik kepribadian seseorang. Tentu saja hasil penelitian ini dapat diterapkan juga untuk gaya kepemimpinan seseorang.

Gaya kepemimpinan seorang pemimpin biasanya ditentukan oleh nilai-nilai kepribadian dan motivasi dari orang tersebut. Siapa diri mereka, menentukan bagaimana cara mereka memimpin dan berkomunikasi dengan orang lain.

Dari hasil penelitian, gaya kepemimpinan seseorang bisa diungkapkan dengan memakai analogi sebuah warna. Paling tidak ada 4 “warna dominan” dalam gaya kepemimpinan seseorang.

1.The Gold Leader

The Gold Leader biasanya ditandai dengan kepribadian yang kuat dan kegigihan dalam mengejar target (goal) yang menjadi sasarannya. Tipe ini sangat memegang komitmen dan berdedikasi tinggi.

The Gold Leader juga merupakan seorang pekerja keras. Ia juga mengharapkan tim yang dipimpinnya memiliki motivasi dan semangat juang yang sama dengan dirinya.Ia percaya bahwa pekerjaaan itu sangat penting dan itu harus dilakukan dengan benar!

Pemimpin jenis ini sangat menghargai tradisi. Apa yang sudah berhasil dilakukan dimasa lalu, harus dipertahankan, sampai ada sebuah ide baru yang terbukti benar, maka yang lama boleh ditinggalkan.

Pemimpin tipe Gold ini juga sangat menghargai waktu. Baginya berlaku motto,” lebih cepat itu berarti tepat waktu, tepat waktu berarti terlambat, dan keterlambatan tidak pernah bisa ditolerir.”

Dengan motto seperti itu kita bisa membayangkan bahwa pemimpin tipe ini adalah orang yang mau bergerak cepat, tepat dan tuntas!

2.The Blue Leader

The Blue leader, pemimpin yang memiliki “kepribadian biru” yang dominan, biasanya merupakan pribadi yang hangat. Tipe ini cenderung selalu melibatkan orang lain dalam keputusan yang dia buat. Apapun masukan dan pendapat dari anggota timnya akan ditampung dan dipertimbangkannya. Ini adalah tipe pemimpin yang demokratis, ia mengharapkan partisipasi semua orang. Ia juga memiliki kepekaan akan suasana kebatinan komunitasnya.

Tipe ini agak melankolis, ia sangat menghargai sensitivitas, inspirasi, ketulusan, spiritualitas, romantisme, refleksi, empati, imajinasi, berbagi, dan harmoni.

Selain itu, “Pemimpin biru cenderung melihat gambaran besar, dan memiliki kemampuan untuk menginspirasi orang lain dengan visi yang dilontarkannya.

3.The Green Leader

Gaya kepemimpinan The Green Leader sangat seimbang dalam melihat gambaran besar serta kompleksitas detil. Pemimpin Hijau unggul dalam strategi. Mereka membawa kecerdasan, kecerdikan dan desain ke dalam peran kepemimpinan. Mereka meneliti dan menganalisis fakta dan konsep, terus mencari perbaikan untuk bekerja lebih cerdas daripada lebih keras. Fakta dan informasi penting untuk semua Pemimpin Hijau. Sayangnya mereka hanya memberi sedikit perhatian pada perasaan dan hubungan. Oleh sebab itu umum nya pemimpin tipe ini agak berjarak dengananggota timnya. Mereka nampak sedikit acuh dan suka menyendiri. Mereka lebih megharagi hasil kerja ketimbang membangun hubungan yang akrab.

The Green Leader memang sedikit miskin dalam emosi, namun mereka sangat menghargai prestasi. Emosinya yang stabil sering dipandang anak buahnya seperti dingin dan cuek.

4.The Orange Leader

Tindakan adalah fokus dari “Pemimpin Orange. Bagi mereka, administrasi dan organisasi diadakan agar sebuah tindakan bisa dilakukan. Pemimpin tipe ini adalah seorang pemecah masalah yang sangat ulung.

Pemimpin Orange memeimpin dengan memberi teladan, ia juga menerapkan standar untuk diikti oleh anak buannya.

Gaya manajemen tipe ini bisa sangat otoriter dan tiba-tiba karena mereka tidak sabar dengan oposisi, dan mengharapkan arahan mereka harus diikuti tanpa reserve.

Di atas semuanya itu Pemimpin Oranye menyambut baik setiap perubahan dan percaya bahwa cara-cara lama selalu dapat ditingkatkan. Mereka suka petualangan dan mencoba sesuatu yang baru. Tipe manusia yang energik dan dinamis.

CATATAN PENUTUP

Pada dasarnya setiap pemimpin adalah kombinasi dari ke 4 kepribadian di atas. Hanya pasti ada salah satu kepribadian yang dominan dari ke 4 tipe di atas. Seorang pemimin yang bijak akan menganalisa dirinya dan menemukan siapa dirinya yang sebenarnya, kemudian dia akan berusaha meneguhkan kekuatannya serta mengurangi kelemahannya.

Hanya dengan demikian maka ia akan menjadi seorang pemimpin yang semakin hari semakin baik.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x