Mohon tunggu...
Aymara Ramdani
Aymara Ramdani Mohon Tunggu... Orang yang hanya tahu, bahwa orang hidup jangan mengingkari hati nurani

Sebebas Camar Kau Berteriak Setabah Nelayan Menembus Badai Seiklas Karang Menunggu Ombak Seperti Lautan Engkau Bersikap Sang Petualangan Iwan Fals

Selanjutnya

Tutup

Musik

"Alip_Ba_Ta", Bakat, Kejeniusan, dan Rendah Hati, Menampar Semua Youtuber yang Kontennya Penuh dengan Drama

18 September 2020   16:00 Diperbarui: 18 September 2020   16:12 4463 11 2 Mohon Tunggu...

"Ingat selalu berbuat baik pada sesama dan berbuat baik kepada Alam Semesta"

Alip_ba_ta

Bakat laksana area blank 75 di Gunung Semeru., tempat dimana jika para pendaki kesasar dan begitu misterius. Ada kawanku yang pernah tersesat disana ia malah mengelilingi bukit itu dan untungnya ia selamat dengan perjuangan yang luar biasa. Karena bakat begitu misterius, itu sebabnya dunia ini dinamis dan ramai, coba Jika setiap orang tahu pasti tentang bakatnya maka dunia ini akan sepi dan tidak ada orang yang bekerja sebagai pemandu bakat. Tiada orang yang mati-matian mencari bakat hingga ke pelosok dunia. Bakat tidak seperti makan cabai, langsung berasa pedasnya, ia tidak otomatis. Tapi dalam banyak kejadian, bakat harus ditemukan, walau dengan tidak sengaja.

Banyak orang yang berusaha mati-matian untuk menggali bakatnya dan jika beruntung, bakat itu langsung ada dan diketahui oleh diri kita sendiri maupun lingkungan kita. Bisa jadi keahlian dan bakat seperti Sebastian Bach dimiliki oleh pengemudi Ojol. Bisa jadi juga bakat kejeniusan Pak Habibie ada di Pelosok Papua yang tinggal di atas pohon dengan ketinggian 30 M. Tapi bakat kebanyakan menghinggapi orang tanpa diundang. Ia misterius  dan diam-diam.

Dan ditanggal  20 juli 2018,di salah satu ruangan kontrakan dengan tempelan abjad dan angka ditemboknya saya menjadi saksi, bagaimana nasib menemukan bakat Alip_ba_ta. Lagu Sepanjang Jalan Kenangan akan selalu terkenang oleh Alipers seluruh dunia kawan. Dan apakah cover lagu pertama tersebut merupakan salah satu perlambang bahwa Alip_ba_ta akan selalu terkenang sepanjang masa dan menjadi legend gitaris Indonesia bahkan dunia.

Kemunculan Alip_Ba_ta dengan cover-cover lagunya  begitu fenomenal. mengguncang kancah pergitaran dunia. Bagaimana tidak, sosok yang sebelumnya tidak dikenal. Kini menjadi sosok yang secara misterius muncul mengguncang blantika music, tidak hanya Indonesia, tetapi juga dunia. Sosok yang begitu sederhana dengan tampilannya. Dengan background klip videonya. Dengan kaleng asbaknya dan dengan sebatang rokoknya, dengan kerendahhatiannya. Tetapi ketika ia memainkan gitarnya, semua tampilan itu berubah seketika, Bang Alip menjadi seorang tokoh sentral dalam setiap petikannya, seakan ia masuk dan memberikan ruhnya kedalam setiap petikan gitarnya. Jari jemarinya laksana menari dan berdansa memainkan irama, harmoni dan nada dengan begitu sempurna. Kita semua yang menonton videonya akan terus menonton konten yang ia aplut, dan kita terbuai, menyentuh lembut nurani kita. Menggelitik jiwa kekaguman kita dan tanpa sadar, kita meneteskan airmata karena begitu indah petikan gitarnya. Itu yang aku alami dan rasakan, kawan.

Ketika bang Alip memainkan gitarnya ia adalah dewa, ia adalah pemain gitar top dunia, tetapi jika ia tidak sedang memainkan gitarnya, Sosok bang Alip ini juga sama seperti kita, bertanggung jawab kepada keluarganya dengan menjadi seorang supir forklift. Dari seorang supir forklift tadi, ketika ia memegang gitar dan tampilan di chanel youtubenya seakan menampar semua orang yang kontennya penuh drama, prank dan menampilkan kekayaan dan kesombongannya. Ia adalah cermin dari banyak masyarakat yang mungkin muak dengan tampilan para youtuber yang hanya demi viewers dengan merendahkan orang lain. TIDAK dengan Alip_ba_ta, dalam setiap tampilannya ia tidak ada kata pembuka (opening). Tidak mengemis untuk minta di Sub dan di like setiap kontennya. Ia hanya ingin bermain dan memetik gitarnya. dan setelah selesai, ya sudah. wkwkwkwk.

Konten yang ia aplut di chanel youtubenya hampir semua genre music. Aku sebutkan satu-satu ya, kawan. Keroncong dilahap abis, sebuah mahakarya Maestro Keroncong Indonesia, Gesang dimainkan dengan begitu smooth, lembut dan berjiwa.Banyak lagi lagu bergenre keroncong, kawan bisa mencarinya sendiri sesuai kesukaan kawan. Lalu genre musik dangdut karya Raja Dangdut Indonesia, Bang Haji Rhoma Irama, sosok idola penulis legendaris Andrea Hirata, lagu yang selama 7 menitan itu dilahap dengan manis di tangannya. Lagu ini Rindu yang dinyanyikan oleh Faried Hardja, jadi begitu manis dan enak. Jika kalian mendengarkan lagu ini, dan kepala kalian tidak bergoyang,, serta mulut kalian tidak ikut bernyanyi,  harap jiwa kalian diperiksa ke dokter jiwa ya kawan (just kidding). Lagu Pop, lagu anak-anak, hingga lagu nasional yang dibawakan bang Alip membuat jiwa ragaku merinding. Ini opiniku kawan, ini bisa dikoreksi. Bagaimana Bang Alip begitu menghormati Indonesia. Ia berdiri dalam membawakan lagu Tanah Airku karya Ibu Sud. Sebuah lambang, pertanda, bagaiamana Bang Alip begitu cintanya terhadap Nusantara. Sekali jika kalian tidak merinding dan terharu tatkala mendengarkan lagu-lagu nasional yang dibawakan oleh Bang Alip, segera putar haluan cara berfikir kalian tentang Keindonesiaan dan Persatuan. Cepat cari literasi bagaimana para pahlawan kita yang gugur berjuang menggapai kemerdekaan dan mempertahankannya. Sekarang ini kita tinggal mengisi kemerdekaan dengan setidaknya tidak menebarkan kebencian, fitnah dan memposting berita HOAX. Lho malah ngelantur ini. Maaf. Kembali ke Bang Alip.

Ini opiniku lagi kawan, jika kalian punya opini lain monggo komen di kolom komentar ya. Lagu Hey Tayo sembari main rubik. Jika kita lihat dari permainnya tangan kanan memaikan senar gitar (satu tangan kawan, satu tangan) serta tangan kirinya memainkan rubik. Satu tangan juga kawan, dan SEMPURNA. Tidak sampai satu menit semuanya kelar. Apakah otak kanan dan kiri Bang Alip ini dikondisikan dan dikoordinasikan dengan otak tengahnya (hahaha, ada ngga ya otak tengah?) jadi fungsi otak tengah ini mungkin yang mengkoordinasikan antara otak kanan dan otak kirinya. Lalu lagu Celin Dion. Lagi-lagi ia memainkan lagu tersebut dengan sangat brilian. Tangan kanan memegang suling dan tangan kiri memetik senar gitar. Are u Kidding Me. Saly, come her (hahahaha, pasti alipers Indonesia paham) ia memainkan lagu tersebut secara bersamaan dan sangat detail dan sempurna. Lagu Sweet Child O Mine pun demikian, satu tangan, kawan. Dan bagi kita yang hidup di era 90-an ketika kita sudah bisa membawakan intro lagu ini, kita merasa sudah sangat mahir dan shooombong, dalam bermain gitar, yak an kawan, ngaku...

Dari semua cover lagu yang dibawakan Bang Alip itu, menurut saya lagu Bohemian Rhapsodylah yang paling sempurna, detail, dan menyentuh kalbu. Ini opiniku ya. Walau semua lagu yang dicover Bang Alip semuanya sempurna, tapi kan kita punya pilhan cover lagu yang menurut kita terbaik toh. Jika dinilai dari angka 0-10, karya karya bang Alip ada di angka 9,9. Lagu Bohaiman Rhapsody ini menurutku 10. Jari jemari Bang Alip begitu lincah menari, tempo lagu presisi dan ia memasukkan jiwa fredi mercury disana. Hingga kita yang mendengarkan akan terbawa, hanyut dan berguaman. Gilaaaaa, luar biasa dan lain sebaigainya.

Viewersnya kini melonjak, jumlah subnya kian menanjak dan tampilannya masih saja sederhana, Asbak dari kaleng biskuit, kopi hitam, dan sebatang rokok. Dan ini yang menarik, dari sosok Bang Alip ini menurut saya dilandasi dengan kondisi dan kesadaran terhadap dirinya. Contohnya adalah ketika salah satu karyanya di curi dan banyak fansnya bang alip yang memberikan support. Lalu muncullah lagu Bon Jovi Thank You for Loving Me. Lalu Bang Alip juga mengcover lagu lebaran karya Ismail Marzuki dan jadi lebih terasa sekali suasana lebaran. Satu lagi, Bang Alip mengcover lagu Jingle Bell. Dari sini saya melihat bahwa, cover lagu yang dibuat Bang Alip adalah salah satu representasi keberagaman yang ada di Indonesia bahwa music adalah universal dan ia bisa dinikmati semua semua umat manusia. Bang alip tidak terpaku pada satu dogma beragama yang fanatik. Sekali lagi ini adalah opiniku.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x