Mohon tunggu...
2A_10_ Risa Omami
2A_10_ Risa Omami Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi saya memasak, kepribadian saya tidak mudah percaya terhadap orang lain

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Harga Cabai Merah dan Bawang Putih Berpengaruh terhadap Inflasi di Kota Magelang

6 Desember 2022   07:13 Diperbarui: 6 Desember 2022   07:34 76
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pengertian Komoditas Pangan 

Komoditas pangan adalah kebutuhan sehari hari yang harus dipenuhi untuk keberlangsungan hidup. Komoditas bahan pangan mempunyai peranan penting dalam aspek ekonomi, sosial, dan politik. Contoh nyata dalam aspek perekonomian adalah harga komoditas pangan yang ada diindonesia sering sekali mengalami peningkatan harga. Perubahan harga komoditas pangan dapat berdampak pada inflasi. namun, terkadang penawaran bahan pangan belum cukup untuk memenuhi. Hal tersebutlah yang dapat meningkatkan harga jual bahan pangan yang berdampak pada inflasi. 

Pengertian Inflasi 

Inflasi adalah kenaikan harga barang dan jasa secara terus menerus dalam jangka waktu yang tertentu. Pada tahun 2019 mencapai inflasi tertinggi sebanyak 6,56 % yang dapat berdampak pada harga bahan pangan. Ada 2 bahan pangan yang menyebabkan inflasi menjadi tinggi yaitu Cabai merah dan Bawang Putih, dikarenakan 2 komoditas pangan tersebut sering digunakan oleh banyak masyarakat sehingga dapat menyebabkan tingginya permintaan. Jumlah penduduk yang banyak juga berakibat pada inflasi permintaan harga pangan yang banyak dan penawaran untuk bahan baku yang kurang untuk memenuhi permintaan yang meningkat. Berikut ini tabel perkembangan inflasi dikota magelang per tahunnya.

Tahun

2016= 2.25 %

2017=3.9%

2018=2.65%

2019= 2.19%

Pada persentase tersebut dapat disimpulkan bahwa perubahan harga tersebut akan terasa nyata dan berdampak besar pada masyarakat pada tahun 2019 adalah inflasi tertinggi yang mencapai 6.56 % yang disebabkan oleh dampak harga komoditas pangan.

1. Pengaruh Harga Cabai Merah Yang Dapat Berdampak Pada Inflasi Dikota Magelang 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun