Mohon tunggu...
Elizza Yuliantari
Elizza Yuliantari Mohon Tunggu... Lainnya - Perempuan

Seorang perempuan, seorang anak, seorang Ibu, seorang Istri juga seorang manusia. Bukan pecinta kopi tapi penikmat beras kencur

Selanjutnya

Tutup

Parenting

Tumbuh Kembang Optimal dengan Kehamilan yang Diinginkan

20 Oktober 2022   11:40 Diperbarui: 20 Oktober 2022   11:49 58
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Berkembang dan bertumbuh adalah proses kehidupan yang merupakan tugas dari setiap individu. Bayi baru lahir  meski baru berusia nol bulan juga sudah seorang individu.

Pertumbuhan adalah bertambahnya  suatu keadaan atau kondisi yang bisa diukur dengan satuan seperti bertambahnya tinggi atau berat badan. pertumbuhan ibarat perangkat keras dalam sebuah komputer.

Ada pun perkembangan adalah sesuatu kondisi atau keadaan yang bersifat implisit atau tersirat. perkembangan  berkaitan dengan softskill. softskill ibarat sebuah program dalam komputer dan pertumbuhan  ibarat perangkat lunak. softskill atau keterampilan halus yang paling menonjol dalam tumbuh kembang anak adalah kemampuan sosial emosional dan keterampilan bahasa.

Tumbuh kembang anak tidak semata-mata dipengaruhi oleh lingkungan saat ia sudah lahir ke dunia. Masa kehamilan juga mampu mempengaruhi tumbuh kembang selanjutnya. oleh sebab itu banyak para ibu yang melakukan pendidikan prenatal untuk para bayinya.

Berbicara tentang bayi tentu juga berbicara tentang kehamilan. Kehamilan yang diinginkan merupakan sebuah hadiah bagi seorang anak untuk bisa tumbuh dan berkembang  untuk melihat dunia nyata tempat di mana ia akan hidup lebih lama dari dunia rahimnya.

Lalu apa itu kehamilan yang diinginkan?.  Kehamilan yang diinginkan adalah sebuah kehamilan yang diinginkan oleh kedua  orang.  kehamilan yang diinginkan oleh ayah dan juga ibu si bayi. itulah mengapa kehamilan yang diinginkan bukan hanya semata-mata kehamilan yang muncul setelah ikatan pernikahan saja. mengapa bisa demikian, karena banyak kehamilan dalam pernikahan yang diterima secara terpaksa. kondisi terpaksa dalam menerima kehamilan banyak faktornya. setiap orang punya alasan pribadinya.

Kondisi terpaksa menerima kehamilan inilah yang pada ke depannya akan mempengaruhi tumbuh kembang balita begitu juga yang mendampinginya khususnya orang tua

Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun