Mohon tunggu...
Lily Trisnawati
Lily Trisnawati Mohon Tunggu... Teknisi - Hamba Allah yang sedang belajar dan memanfaatkan sains untuk kehidupannya

Langit yang biru senantiasa menggemakan suara indahmu ~Rumi~ ...Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang. (QS Az Zumar: 53)

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Kembali Membuat Jejak dan Berbagi

26 Juli 2019   23:16 Diperbarui: 28 Juli 2019   08:47 35
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Menulis. Kata kerja yang memberi manfaat tidak hanya untuk diri sendiri, tapi orang lain juga. Namun, manfaat negatif juga bisa terbentuk tidak selalu positif. Semua kembali pada apa yang ingin kita tulis. Penilaian tulisan kita dari orang lain ketika menyebar lewat media sosial juga berpengaruh. Ketakutan itu yang sering sesekali terbentuk dalam pikiran. Akhirnya aku banyak memilih diam. 

Lalu, Allah swt. memberikan petunjuk-Nya akan niat menulis lewat orang lain. Karena bermanja dengan diam itu salah satu bentuk merugi. Redefinisi niat aku lakukan dalam menulis. Aku sadar tulisan ini akan membuat jejak, itu yang membuat kembali. 

Namun, tulisan juga sebagai cara aku bersyukur lewat jejak ini. Bersyukur akan nikmat dari Allah swt. atas adanya akal dan fisik lengkap seperti tangan untuk menulis, mata untuk melihat, serta koordinasi semua dalam membentuk tulisan ini. Betapa sempurna ciptaan Allah swt. MasyaAllah. 

Belajar berbagi. Kata tersebut memiliki makna lebih dari satu bagiku. Aku belajar berbagi apa yang aku punya, karena semua ini hanya titipan untuk apa aku simpan sendiri kalau dengan berbagi titipan ini bisa lebih bertahan lama dan bermanfaat untuk orang lain juga. Semoga. Selain itu, dengan berbagi aku belajar untuk menjadi lebih baik dalam memanfaatkan waktu saat ini. 

Aku hanya berharap tulisan bisa berbuah baik tidak hanya untuk diri sendiri tapi orang lain. Namun, aku tidak pernah lupa bahwa Allah swt. yang memiliki hati hamba-Nya. Jadi bergeraknya hati kita ini menuju apa yang aku harap atas kekuasan-Nya. 

Selamat belajar membuat jejak dan berbagi, namun bersyukur atas niat belajar ini lebih utama. 

Alhamdulillah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun