Mohon tunggu...
Khrisna Pabichara
Khrisna Pabichara Mohon Tunggu... Penulis, Penyunting.

Novel terbaru: Kita, Kata, dan Cinta (Diva Press, 2019). Lakuna (Diva Press, 2021). Twitter/IG: @1bichara.

Selanjutnya

Tutup

Viral Artikel Utama

Awkarin Beli Hotel, Netizen Beli Cermin

27 Maret 2021   10:10 Diperbarui: 28 Maret 2021   05:10 983 48 17 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Awkarin Beli Hotel, Netizen Beli Cermin
Awkarin dapat karangan bunga dari mantan setelah membeli hotel (Bidik layar Instagram Awkarin)

Apa yang kamu lakukan ketika berusia 23 tahunAwkarin beli hotel. Namun, jangan bandingkan dirimu dengan Awkarin. Kalian punya kisah sendiri, Awkarin punya jalan nasib sendiri. Kalaupun dipertukarkan, belum tentu Awkarin mau.

Pertanyaan itu tengah membahana di linimasa. Twitter riuh. Awkarin menduduki topik tren sejak kemarin. Gara-gara beli hotel, Awkarin menjadi buah bibir netizen. Fenomenal. Begitulah kira-kira saripati tanggapan netizen.

Bayu Joo, misalnya. Twitterian yang pernah terpilih sebagai "5 Warga Twitter Terpopuler" ikut urun komentar.

"Umur 23 Awkarin beli hotel. Gue pas umur 23 jangankan beli hotel, nginep di hotel aja pas study tour doang," kata Bayu di Twitter.

Cicitan Bayu kontan diserbu warga Twitter. Warganet serentak mengambil cermin, menatap diri sendiri, dan menakar apa yang telah mereka lakukan dan capai pada usia 23 tahun. Itulah nilai positifnya. Awkarin beli hotel, warganet beli cermin.

Berikut saya sajikan beberapa petikan introspeksi warganet.

Pertama, memikul beban ekspektasi keluarga. Sungguh mengharukan. Tidak dapat dimungkiri, sebagian di antara kita menjadi tulang punggung harapan orangtua. Kadang ekspektasi keluarga sangat berlebihan. Alih-alih memantik semangat, malahan menjadi beban.

Kedua, sibuk mencari lowongan kerja. Sebagai harapan keluarga, usia muda memaksa kita mulai mencari pekerjaan. Koran-koran diburu. Bukan untuk dibaca berita-beritanya, melainkan untuk melihat iklan lowongan kerja. Jika tidak dilingkari, iklan itu digunting dan dijadikan hiasan dompet.

Ketiga, gelagapan mencari pacar. Tidak sedikit pula di antara kita yang pada usia 23 tahun digedor tanda tanya. Sudah punya pacar? Itu masih mending. Kadang pulang kampung langsung kena todong pertanyaan "kapan menikah?".

Keempat, beli motor disubsidi bonyokSungguh komentar menggetarkan. Perasaan misqueen menggelegar. Betapa tidak, pengalaman membeli sepeda motor dengan bantuan subsidi bokap dan nyokap merupakan pengalaman sejuta umat.

Kelima, titip jualan. Ini yang paling mengharukan. Tahu benar kapan harus berusaha. Selagi ada cuitan yang menuai banyak perhatian, tukang titip dagangan bermunculan. Ada yang meminta izin dengan sopan, ada yang permisi dengan kalimat sedikit memaksa. Maklum, mau membeli hotel.

Membeli hotel di Monopoli (Foto: Twitter/Redi Prio)
Membeli hotel di Monopoli (Foto: Twitter/Redi Prio)
Meski begitu, ada juga warganet yang mengapresiasi capaian Awkarin dengan cara berkelakar. Berikut ini contohnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN