Mohon tunggu...
Jihan Zhafirah Irawati
Jihan Zhafirah Irawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi S1 Kesehatan Masyarakat UNUSA

Hi perkenalkan Nama saya Jihan Zhafirah Irawati Saya adalah seorang mahasiswi S1 Kesehatan Masyarakat di Universitas Nadhaltul Ulama Surabaya (UNUSA) Saya memiliki minat di bidang kesehatan, kuliner dan bisnis. Saya memiliki hobi menggambar, melukis, menulis, mendengarkan musik dan menonton film.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Berbagai Pengalaman Berkesan di Hidupku

30 Oktober 2022   08:26 Diperbarui: 30 Oktober 2022   08:27 242
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Assalamualaikum teman-teman, perkenalkan nama saya Jihan Zhafirah Irawati. Saat ini saya sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi Universitas swasta di Surabaya yaitu Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA). Program studi yang saya pilih yaitu S1 Kesehatan Masyarakat. Baiklah tidak lama-lama mari simak cerita saya.

Saat berusia 5 tahun saya bersekolah di TK Aisyiyah yang dekat dari rumah kakek saya. Pengalaman berkesan saya yaitu pernah mengikuti berbagai lomba seperti fashion show, lomba mewarnai dan lomba drumband yang di selenggarakan TK Aisyiyah di THR pada waktu itu. Saya banyak mendapatkan piala dari lomba mewarnai, Saya merasa bahwa saya memiliki bakat dalam bidang seni. saya merasa sangat senang bisa menjadi juara dan bisa membanggakan keluarga saya.

Setelah tamat TK saya bersekolah di SDN MOJO VIII/227 Surabaya. Pengalaman saya yaitu pada saat kelas 3, 4 dan 5 saya pernah menjadi juara 1 lomba mewarnai yang diselenggarakan oleh Timezone, tetapi dari tiga juara tersebut saya hanya sempat mengambil 1 piala saja dikarenakan pada saat itu orangtua saya sibuk bekerja dan tidak ada yang bisa mengantarkan saya. Lalu saat kelas 5 saya dan teman-teman saya mewakili sekolah untuk mengikuti tari remo massal di depan Delta Plaza Surabaya.

Setelah lulus SD saya bersekolah di SMPN 52 Surabaya. Pengalaman saya pada saat SMP yaitu saya pernah mengikuti kegiatan sosialiasi di Liponsos tentang "Bahaya Narkoba dan Merokok"  yang diadakan oleh Ekstrakurikuler Bimbingan Konseling, disana saya bertugas sebagai pemapar materi bersama teman saya, hal ini merupakan pengalaman pertama saya berbicara di depan masyarakat umum, awalnya saya tidak percaya diri tapi berkat latihan terus menerus akhirnya saya bisa menjelaskan materi dengan baik bahkan guru BK memuji saya. Lalu pengalaman saya yang kedua adalah pada saat wisuda, saya mendapat juara 3 untuk nilai ujian sekolah tertinggi di SMPN 52 Surabaya dan juara 4 untuk nilai UNBK tertinggi di SMPN 52 Surabaya. Saya sangat terharu sekaligus senang karna tidak menyangka akan mendapatkan juara tersebut, saya bersyukur bisa membuat kedua orang tua saya bangga dengan pencapaian saya.

Setelah lulus dari SMPN 52 Surabaya saya masuk ke MAN SURABAYA dan memilih peminatan ipa. Pengalaman berkesan saya sewaktu kelas 10 saat itu berkemah bersama yang diadakan oleh ekstrakurikuler pramuka, karena berkat acara kemah tersebut saya bisa menjadi lebih akrab dengan teman-teman saya yang pada saat itu baru kenalan, kami bisa bercerita tentang banyak hal dan pada saat api unggun kelas kami menampilkan musik jadi ada teman saya yang bermain gitar dan anak-anak yang lainnya bernyanyi. Pengalaman saat SMA saya sangat sedikit dikarenakan pada waktu itu terjadi pandemi Covid yang mengharuskan untuk melakukan pembelajaran secara online.

Setelah saya lulus SMA saya mengikuti UTBK akan tetapi saya dinyatakan tidak lolos pada pilihan kuliah saya waktu itu, saya merasa sedih karena telah mengecewakan kedua orang tua dan orang-orang sekitar saya, akan tetapi berkat dukungan dari orang tua, saya mencoba mendaftar kuliah di UNUSA dengan mengambil prodi S1 Kesehatan Masyarakat, Alhamdulillah berkat doa kedua orangtua saya dinyatakan lulus. Saya berharap bisa terus membanggakan kedua orang tua saya dengan menghasilkan berbagai prestasi.

Sekian cerita berbagai pengalaman hidup saya yang bisa saya tuliskan disini, semoga pengalaman saya bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua dan bisa memotivasi teman-teman semua. Karna usaha itu butuh proses dan proses itu tidaklah mudah tapi tetap berusaha dan berdoa pasti akan membuahkan hasil yang memuaskan. Terimakasih teman teman yang sudah membaca tulisan yang saya tulis. Wassalamualaikum wr.wb.

Nama : Jihan Zhafirah Irawati

NIM : 2130022015

Prodi : S1 Kesehatan Masyarakat 

Universitas : Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA)

Tugas UTS Bahasa Indonesia

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun