Mohon tunggu...
Jamil mibror
Jamil mibror Mohon Tunggu... Editor - mahasiswa

jangan berputus asa dari rahmat Allah SWT

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Permasalahan Pendidikan di Indonesia

25 September 2019   18:43 Diperbarui: 23 Juni 2021   14:12 34385
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Permasalahan Pendidikan di Indonesia (unsplash/taylor-wilcox)

Pendidikan adalah proses pembelajaran yang merupakan kebutuhan primer yang harus dipenuhi, dengan adanya pendidikan makan suatu negara akan bisa maju dan meningkat secara pesat karena pendidikan itu tonggak kemajuan suatu bangsa. 

Maka dari itu suatu bangsa dikatakan maju ketika pendidiknya tertata dengan baik dan melahirkan bibit-bibit yang cerdas supaya bisa mengembangan bangsa dan negranya sendiri. 

Apabila suatu negara memiliki sistem pendidikan yang masih cacat atau masih memiliki banyak permasalahan, maka harus segera diselesaikan permasalahannya agar tidak berkepanjangan dan tidak menimbulkan kekacauan akibat dari masalah pendidikan yang tak kunjung selesai.

Baca juga : Implementasi Pendidikan di Era Pandemi

Banyak faktor dan masalah yang menyebabkan pendidikan di Indonesia tidak bisa berkembang, diantaranya:

1.Mahalnya biaya pendidikan

Mahalnya biaya pendidikan adalah masalah pertama yang dihadapi orang-orang yang berada di bawah garis kemiskinan dan sering kali anak-anak yang berada dibawah garis kemiskinan sekolahnya akan diterbengkalaikan.

Karena dari pihak orang tua sudah tak menyanggupi biaya sekolah dan lebih mementingkan kebutuhan untuk hidupnya sehari-hari. Maka dari itu masalah ekonomi juga menjadi faktor utama dalam permasalahan pendidikan di Indonesia.

2.Fasilitas pendidikan yang kurang memadai

Fasilitas pendidikan yang kurang memadai juga sebuah permasalahan pendidikan di Indonesia. Banyak sekolah-sekolah yang bangunannya hampir roboh, sudah tak layak dipakai untuk proses pembelajaran, tidak memiliki fasilitas seperti kursi, meja belajar, buku, perlengkapan teknologi dan alat-alat penunjang lainnya yang mengakibatkan kurang optimlnnya pendidikan di Indonesia.

3.Memiliki guru yang tidak terlatih

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun