Mohon tunggu...
Edi Abdullah
Edi Abdullah Mohon Tunggu... Administrasi - Bekerja Sebagai Widyaiswara Pada Lembaga Administrasi Negara RI

RIWAYAT PEKERJAAN.\r\n1. DOSEN PADA UNIVERSITAS INDONESIA TIMUR TAHUN 2008-2011.\r\n2.DOSEN PADA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR. TAHUN 2008.\r\n3. DOSEN PADA STIH COKROAMINOTO TAHUN 2009-2012.\r\n4. DOSEN PADA STMIK DIPANEGARA TAHUN 2009-2012.DENGAN NOMOR INDUK DOSEN NASIONA(.NIDN ) 09101182O1. \r\n6.BEKERJA SEBAGAI ADVOKAT PADA TAHUN 2008-2011.\r\n7. BEKERJA SEBAGAI PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) DI PKP2A II LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA RI. SEJAK TAHUN 2011-SEKARANG\r\n.\r\nPENGAMAT KEBIJAKAN PUBLIK,HUKUM, POLITIK LAN MAKASSAR, WIDYAISWARA BIDAnG HUKUM LAN MAKASSAR\r\n\r\nKARYA ILMIAH ;BUKU PERLINDUNGAN SAKSI DAN KORBAN DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA,merobek demokrasi\r\nFROM PINRANG TO MAKASSAR\r\n\r\

Selanjutnya

Tutup

Trip

Museum Tempat Menjadi Menusia Pembelajar

9 Oktober 2021   10:04 Diperbarui: 9 Oktober 2021   10:32 73
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Travel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

"Hidup itu memang keras, karena itu kita harus lebih keras sehinggah kehidupan tidak menelan kita dalam penderitaan"

Museum Villa Yuliana/ atau biasa disebut Latemmamala adalah museum yang terletak Dikupaten soppeng, Museum ini merupakan sisa bangunan belanda yang dibangun untuk menyambut kelahiran Putri Kerajaan kerajaan Belanda yang berskuasa saat itu yakni Putri Juliana Louise Marie Wilhelmina. Arsitektur bangunan Vila yuliana ini cukup menarikan menggabungkan arsitektur Erofa bercampur dengan arsitektur lokal yang ada dikabupaten soppeng.

Dan Villa Yuliana ini juga menjadi tempat peristirahatan para petinggi kerajaan belanda ketika berkunjung Kesulawesi. Villa yuliana ini letaknya tepat dijantung Kota kabupaten soppeng, Villa ini berada dipuncak ketinggian sehinggah dari Villa ini kita bisa menyaksikan betapa indahnya kota soppeng, beserta panorama alamnya yang begitu mempesona dipandangmata.

Dari sini kita bisa belajar bahwa belajar bukan hanya bisa didapatkan secara formal dalam kelas namun belajar bisa juga kita peroleh langsung dengan mengunjungi museum yang menyimpan berujutah sejarah penuh makna,apa yang terjadi saat ini tidak akan terlepas dari sejarah masa lampau.

Museum adalah tempat untuk melihat dan menyaksikan langsung berbagai karya dan budaya yang tersimpan sebagai bukti akan eksisnya sesuatu pada masa lalu, sejarah akan terukir indah dan tak akang lekang waktu, kini tentunya waktu yang tepat bagi kita untuk melihat sejarah dan peradaban itu.

Villa yuliana memperlihatkan kepada kita bagamainan bangunan yang dibangun Belanda begtuh kokoh dan kuat sehiggah masih bisa kita saksikan, dari sini kita bisa belajar bagaimana arsitetur yang bagus untuk membuat bangunan menjadi kuat, namun satu hal yang pasti bahwa apapun yang kita kerjakan baik mebangun gedung dan lainnya, semuaya akan menjadi kuat dan kokoh jika orang yang membangun gedung tersebut memiliki integritas dalam jiwanya.

Museum bukan hanya memperlihatkan sejarah namun pada museum kita bisa belajar untuk menjadi pribadi yang kuat dan tangguh, bangsa yang besar tentuya adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya, sebab tanpa jasa para pahlawan kita maka mustahil kita bisa menikmati kemerdekaan seperti saat ini.

Mengunjungi museum adalah hal yang tepat dilakukan apalagi disaat berakhir pekan, ajaklah keluarga dan anak-anak Anda, disana kita bisa mempelajari berbagai pengetahuan yang baru yang akan membuat kita menjadi manusia yang semakin menghargai orang lain dan membuat kita semakin memahami berbagai hal dengan sudut pandang yang tercerahkan.

Kini saatnya kita merawat dan menjaga museum sebagai warisan budaya yang berharga dan bernilai tinggi, museum tempat keabadian sejarah yang pernah terukir hinggah membentuk masa saat ini.

Melestarikan dan mengunjungi museum bisa menjadi cara untuk mewariskan nilai-nilai kearifan lokal kepada penerus generasi masa mendatang.

Sebagai penutup tulisan ini diakhiri dengan kata " Sejarah Mungkin Tidak akan terulang lagi namun dari sejarah kita belajar untuk waspada dan lebih baik lagi" Lord edi abdullah.

Salam Bahagia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun